Monday, September 17, 2018

Ke Pulau Antah Berantah (Part 3)


Akhirnya ngeblog lagiii… HAHAHAHA
Ini masih ada yang baca gak sih? T__T
Setelah perjuangan panjang (ngumpulin niat buat nulis) akhirnya kelar jugak. Sekalian postingan ini juga akhir dari cerita jalan-jalan ke Pulau Antah Berantah. Niatnya dipecah jadi 3 postingan lagi tapi digabungin aja deh. Jadi ini semacem Highlight beberapa hari terakhir di Hainan~
Biar nyambung, bisa baca cerita sebelumnya di sini ya: Intro, Part 1, Part 2
Karna gue lagi ada di resort mevvah, rasanya gue males banget buat bangun. Pengennya tidur-tiduran aja, gak mau ngapa-ngapain lagi. Mungkin gak? Ya gak lahh~ Karna kita harus mandi dan kembali beresin koper dan check out.
Coba ada waktu lebih lama ya, gue pengen berendem di Jacuzzinya sambil liatin pohon-pohon.
Dan karna emang resort mevvah, makanannya pun komplit, enak-enak pula. Gue gak cobain semuanya sih karna gak sanggup juga, tapi dari yang gue makan semuanya enak, bahkan roti gandumnya juga enakkk.
Sambil sarapan, liatin yang ijo-ijo lagi. Adem dah ni hati gue.





DESA BALI
Di Hainan ada 1 kawasan yang isinya tuh Bali banget lho gaes! Kayak beneran kita lagi di Bali gitu. Usut punya usut ternyata beberapa puluh tahun yang lalu etnis tionghoa di Bali hijrah ke China tepatnya di Hainan. Saat itu di Bali ada peraturan kalau yang punya usaha hanya boleh pribumi, etnis lain gak boleh. Jadilah banyak yang pindah gitu. Tetapi karna cintanya sama Indonesia, di sana pun mereka tetap melestarikan budaya kita. *terharu*. Sebagian besar dari mereka yang tinggal di sana pun masih bisa bahasa Indo.
 Welcome to Bali~~


 Ngaso duluuu~
 Di dalam Desa Bali juga ada store buat kita beli oleh-oleh gitu. Di sana juga kita disuguhi kopi dan camilan~
Muterin Desa Bali lumayan juga ngobatin rasa rindu sama Indo~ tapi masih kangen pengen makan nasi uduk, pecel ayam, bubur cirebon, nasi padang, soto tangkar, dll. Lol
HAIKOU
Ini kota terakhir dan juga termasuk Ibu Kotanya Hainan, namanya Haikou. Di sini tuh udah lebih canggih deh gaes, beli apa-apa tinggal tap dari hp. Keren gak sih? Mereka ada aplikasi yang namanya AliPay, jadi tinggal isi saldo aja trus bayar-bayar tinggal tap, cashless gitu. Wow ya~~
Di Haikou ini juga kita banyak kunjungin kota-kota tua juga tempat syuting film-film China. Ke lokasi mana aja, The?
Ada 3 lokasi dalam 2 hari yang kita kunjungin. Yang pertama adalah…
Haikou Old Town
Kita sampe Haikou udah sore gitu gaes, oya sebelumnya dari kota lain (kalo gak salah Lingsui) ke Haikou ini kita naik kereta cepat yang emang beneran cepet! Hahahaha~ tau-tau udah sampe aja, padahal kalau naek bus bisa 2x lebih lama.
Sampe Haikou kita check in hotel terus mulai menyusuri kota tua nya~
Walau udah sore tapi panasnya tetep aja lho bikin keringetan. Gue sampe beli payung. LOL *anaknya cemen abissss*




Di sana para bapak yang lebih asik belanja, keluar masuk outlet. Sedangkan gue dan yang lainnya nemenin doang. Gue sempet sih beli tas ukuran sedang, rencananya gue mau pindahin semua oleh-oleh ke tas itu biar bisa masuk ke kabin pesawat. Kayak yang pernah gue ceritain di awal, kita cuma dapet bagasi 15kg sedangkan koper gue setelah ditimbang-timbang lagi udah 18kg dong! Ya dari pada kena denda kan, mending beli tas lagi trus pindah-pindahin deh.:p
HAIKOU OLD STREET
Emang tepat banget kemaren gue beli payung. Karna apa? Hari ini PANASNYA GAK WAJARRRR.. sengaja capslock soalnya beneran panas banget banget.
Di sini kita cuma keliling-keliling sambil foto-foto aja. Ada sih outlet-outlet mau pun tempat nongkrong tapi gak selera buat dibeli gitu.
Lagi ada pameran lukisan di sepanjang jalannya

Warna sepedanya eye catching yass, cakep~~

Ini ya pas gue duduk udah kayak duduk di penggorengan bok! Ada bunyi ‘cessss’. Melepuh!
Gue: cepettt fotonya, pantat gue bisa gosong nii
Temen : *cekreng* *Cekrek*
Gue : *senyum sambil nahas sakit*
Emang beneran sepanas itu, The? Lo mah lebay beut dah. Ih gak percayaan amat, sok atuh ke Hainan biar percaya. :p
HAIKOU MOVIE TOWN
Nahh ini yang gue tunggu-tunggu karna penasaran banget. Gue pengen liat kayak gimana sih lokasi syuting film-filmnya China. Dan ternyataaaaa KEREN!







Bagus-bagus yaa~ di saat yang laennya udah melipir, duduk berteduh, gue jalan sendirian muterin lokasinya sambil foto-foto. Seaindanya cuaca lebih bersahabat, gue bisa betah di sana lama-lama~

TIPS N TRICKS

Yassss~ akhirnya kelarrr.. Gimana? Gimana? tertarik ke Hainan kah? Menurut gue, mumpung lagi dapet subsidi dari pemerintahan China (jadi murah banget) plus makanannya enak-enak, boleh banget cobain ke sana~

Dan seperti biasa, setiap akhir jalan-jalan, gue bakalan bagiin tips n tricks biar perjalanan kalian aman, damai, tentram. So cekidot~~

1. Bawa alat perang yang memadai
Biasakan setiap kita liburan harus bawa vitamin / obat-obatan gitu, biar kalo kenapa-kenapa kita gak ngerepotin orang lain. kita udah ready for war~~

Yang selalu gue bawa ketika pergi liburan:
Alat perang jenis pertama:  Imboost (ini bagus banget gaes, bikin gak gampang cape), tolak angin, vitacimin, promaag, minyak kayu putih, hansaplas, betadine, koyo, counterpain.

Alat perang jenis ke-2: sunblock / suncream, lip balm, lotion. Mau itu autumn, spring, winter, summer or musim kawin  wajib banget di bawa, ini basic buat cewe mau pun cowo. Nah kalo cewe sih dipastikan bakal lebih banyak lagi yang dibawa, tul gak? :p

Alat perang jenis ke-3: Syal / jaket / payung. Kalo cus nya pas summer or ke negara tropis gue lebih sarapin pake payung. Dari pengalaman gue yang ke Hainan, beberapa hari pertama tuh gue pake jaket buat nutupin tangan + kepala, yang ada malah makin gerah -_-

2. Pentingnya Mencatat
Kalau kita mau liburan aman dan gak mau ada yang sampe ketinggalan, kuncinya cuma 1: catet!. Yes, catet semua yang pengen dibawa, dan ketika mulai packing, tinggal dicoret mana aja yang udah masuk dalam koper. 

3. Pisahkan uang
Kita gak tau apa yang bakal terjadi kan? Biar aman, coba uang yang dibawa itu dipisahkan dalam beberapa tempat. Jadi jangan cuma ditaro di 1 dompet (gue biasanya di 2 tempat). Masih menurut pengalaman pribadi, di luar sana ada aja penjambret gitu, apalagi kalo mereka tau kita bukan warga negara sana, makin diincer lah. (Waktu ke Europe bahkan di grup gue 3x kecopetan, 1x copetnya berhasil kabur, 2x copetnya ketangkep).

4. Cari tau tentang tempat yang dikunjungi
Mau itu jalan-jalan di dalem mau pun luar negri, coba deh gugling-gugling gitu. Sekarang kan nyari tau apa-apa udah gampang banget. Enaknya kalo kita udah tau kondisi / suasana / culture / lokasinya kayak gimana, kita bisa sesuaikan diri, termasuk dalam pemilihan outfit juga.

5. Pakai sesuatu yang nyaman
Entah baju, sepatu atau pun tas, pakai yang senyaman mungkin. Oiya, bawa plastik baju kotor juga yaa, biar terpisah antara baju bersih dan baju yang udah dipake.

Hmm, apalagi yaa.. Itu aja deh, yang lainnya improvisasi sendiri aja ya gaes. :p Emang sih ini keliatannya rempong, tapi percayalah bakal berguna banget. 

Tiap pergi dan ada yang liat bawaannya gue, ada aja yang nanya: Niat banget sih, The.

Yah sebenernya mah gue malessss. HAHAHAHA Beneran deh, gue paling males packing gitu, pengennya tinggal merem udah langsung beres terus cabs berangkat. Why? Karna klo udah mulai packing, gue bakal ribet sendiri, semua pengen gue bawa udah macem pindahan, yang mana gue harus menahan-nahan diri buat bawa yang penting-penting aja~~ Dan harus rapi! Jadi di tas or koper gue dalemnya akan banyak kantong / bag organizer gitu kayak gini:
Bag in Bag traveling Organizer 7 in 1 TRAVEL SEASON 1set isi7 pcs
Gak ada barang-barang yang keluar berantakan, semua rapi. Jadilah tiap mau jalan-jalan gue kudu ngumpulin niat banget-banget buat packing. -____-

Gue rasa, gak cuma gue aja deh yang kayak gini. Ya gak? *cari temen*

Begitulah kisah jalan-jalan gue ke Hainan taun ini.

Taun depan mau ke mana, The?

Tergantung dapet gratisannya ke mana. Dan ke mana pun itu gue selalu sukaaaa :D




Dadaah
*kibasponi*

4 comments:

  1. Wah gila rapih amat itu kopernya. Hahaha.
    Dan yaa, sama sih kalo pas di hotel gue gue paling males buat keluar jalan-jalan. Muahahaha. Anak rumahan amat. :p

    Baru tahu gue Bali yang di situ justru terkenal karena cina bali-nya. Kirain gara2 banyak bli2 anak surfer yang merantau ke sana gitu jaman dulunyaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu bukap koper gue hahaah tapi kira2 bentukan koper gue dalemnya begitu dah~

      sama gue juga baru tau pas ke sana kan dijelasin sejarahnya tuh :D

      Delete
  2. wahh gak kayak lagi di china yaa the...udah modern gitu bangunannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada bagian2 yg udah modern ci, tp ada jg yg masih jadul~ :D

      Delete