Monday, October 27, 2014

Tolongin Gue Dong..!!

Buat yang udah lama ngikutin cerita gue di blog, pasti tau kalo gue itu bolot banget dalam hal berbahasa asing, lebih tepatnya bahasa inggris. Hampir sepanjang umur gue, udah berkali-kali ganti tempat les, dari les private sampe yang barengan sama temen-temen gue. Tapi gue tetep gak bisa.... T___T gue rasa gue ciong sama nih bahasa. Gue tau banget bahasa inggris tuh super penting, apalagi kalo lo kerja berhubungan sama orang asing. english is a must lah~ Gue ampe gak paham lagi dah kenapa gue bisa dodol banget. kalo ada yang bilang practice makes perfect, gue udah pernah nyoba (iya, jangan pikir gue gak pernah usaha belajar yaaa) tapi gitu deh, ujung-ujungnya gue lebih banyak diketawainnya gegara englishnya ngaco. hah!
 
3 bulan yang lalu, principal dari France dateng buat entah-ngomongin-apa. di tengah mereka lagi sibuk meeting sama si ibu, tau-tau gue dipanggil buat ikutan meeting. duh ada apaan yah ini?  Gue masih bertanya-tanya dalam hati. Singkatnya bergabunglah gue meeting bareng mereka, kalo ditanya: lo ngerti gak sih mereka ngomongin apa, the? Untungnya mereka ngomongnya jelas gak kumur-kumur, jadinya gue paham isi dari pembicaraannya.  tapi gue jadinya pasif, cuma nimbrung dikit-dikit gegara otak gue macet gak bisa cepet translate ke bahasa inggris.
 
Jadi apa yang diomongin, The?
Principal mau ngadain asian meeting di Bali.
oh, di Bali.
eh, bentar deh, di... BALI???
OMG!

Gue berusaha tetep kalem, tetep sebagai pendengar... sampe si principal minta gue buat arrange semuanya! anjirrr, gimanah nihh?? Aduhhh, mateng dahh guaaaaa *panik dalem hati, di depan principal tetep kalem dan ngangguk*

Tau dong kenapa gue panik? lagi-lagi kendala bahasa! gimana gue komunikasinyaaa.. Astagah! ajrit! duh! matilah!

Pas masuk bulan September gue udah tenang, soalnya kemungkinan tuh acara yang jatuh bulan okt itu gak jadi. lega banget dah guee, fiuhhh.. tapiii... hidup gak semudah itu, bung! tau-tau principal email ke gue kalo event di postpone sampe bulan dec. gue kira gue cuma arrange dari Jakarta (cari hotel, travel, bantu susun rundown, pilih souvenir, dkk), minggu lalu gue dikabarin kalo gue kudu ke Bali jugaaaa.. GUE. LEMES.

5 hari 4 malem (2 - 6 dec) gue bakalan ke Bali buat tugas kenegaraan. kalo bisa kabur gue pasti kabur dah nih! kalo urus atur-atur acara mah gampanglah ya, gue lemesnya bahasanya ini lhoooo. gimana gue komunikasinya coba T_________T

Yang dateng itu dari France (principal), Korea, Thai, Viet, India, dll yang mana inggris mereka juga entahlah bagus apa gak, nah kalo inggrisnya kumur-kumur gimanaaa? makin bolot deh gue. akhh.

Beneran deh ini gue paniknya udah keubun-ubun. Orang lain mungkin ngeremehin, ah cuma bahasa inggris mah cetek. Tapi ini masalah besar banget buat gue. Yang bisa gue lakuin sekarang ya tiap hari practice sama si beta en Kiti (adek-adek gue englishnya jago), gue lagi usaha belajar kilat nih, bahasa sehari-hari. Apa perlu bawa kamus ya?

Duh, tolongin gue dong!!

Nangis di pojokan,
Thea

21 comments:

  1. hahahaha.... santai aja the.. gak usah panik.. klo inggris u gak bagus gak perlu berkecil hati... karena bahasa inggris kan bukan bahasa utama kita.. kita kan orang indonesia.. jadi maklum lah klo inggrisnya gak perfect.. lagian mereka2 itu juga gak akan terlalu mempermasalahkan bahasa inggris u kok.. pengalaman TK sih selama dulu hidup di China.. bahasa inggris tuh jadi bahasa penengah kita.. dimana klo TK gak bisa ngomong bahasa mandarinnya.. TK bakal pake bahasa inggris klo ngobrol sama temen.. nah Tuh anak2 China juga boro2 ada yang inggrisnya bagus.. mereka asal celetak celetuk.. grammer gak tau ngegelinding kemana.. tapi alhasil kita saling ngerti maksudnya apa... so dont panic... in the end language is just a language.. to help you communicate with others.. lagian kan u gak bakal pidato kan? so relax. PEDE aja ^^ and good luck!!! ASIK LOH BALI!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahha iya ni lg berusaha santai. Pasti bisa terlewati sih, cm ya panik2ny sekarang. Pas udh hari H mah udh trabas2 aja dah gue..hakhakk

      Delete
  2. yang penting mesti pede aja :D

    ReplyDelete
  3. wah seru donk The, anggap aja motivasi n tantangan baru biar kamu lebih pede ngomong inggrisnya hihi :D
    good luck yah smoga orang2nya nanti bahasa inggrisnya yg ga kumur2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mudah2an aku jd termotivasi nii.. hahaha

      Delete
  4. Bahh.. Kita senasib nih ka thea.. hahaha
    Bhs inggris celemotan emang bikin susah yaaaa, tapi apa daya.

    Bawa alfalink kali kaa.. 2014 masa bawa kamus hehehe. Semangat semangat! Semoga lancar urusannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ohh alfalink masi ada jg ya? Ahahha jaman SMA banget. Kalo gak ngerti ak ngumpet palingan. Hakhakk

      Delete
  5. just believe to yourself. if you can believe, you can do it girl!
    Mampir ke rakagumilang.blogspot.com yah :D
    #salamblogger

    ReplyDelete
  6. ci theaaaa tenang ciiiiii..... i feel you, dulu juga musti ketemu foreigner di casual meeting, karena inggrisnya uda lama ga kepake akhirnya.... yang terjadi = ngomong inggris dicampur sari sama bahasa indonesia. lol. tapi yah seperti komen ko TK di atas, bener tu kata dia, kita kan bahasa nasionalnya indonesia doang, jadi yah orang pasti maklum. kata ko arman juga, yang penting PD aja dulu. sisanya belakangan.

    semangat ci masih ada waktu, mungkin buat ngafalin kosakatanya bisa latian nulis juga ci, kan cici juga suka nulis di blog kan hehe, tapi sedikit-sedikit di-translate ke inggris, lumayan ngebantu sih kalo aku hehe.

    good luck. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaha iyaa nih lg nyicil kata2 yg kira2 bakal diomongin. Pengen cepetan selesai dah tuh acara. Biar terbebasss

      Delete
  7. wahh hebatt dong the.....mantapp nihh...masih ada waktu kok buat latihan ngomong2 nekad aja..pede aja the...ciayooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi cii!! Iyaa nekat dan PD aja dah! Yg terjadi terjadilahhh haha

      Delete
  8. theaaa... nasib kita sama.. inggris acak kadul.. di kantor g banyak Mr pula.. karena mereka orang Jepang, banyak juga yang nggak lancar inggrisnya n kumur - kumur..
    biasa sih g pasti bilang dulu.. "sorry Mr. my english is not good" jadi mereka udah ngerti kalau banyak "e... e..." n grammarnya berantakan..
    abis itu modal nekat dah.. ngomong inggris campur indonesia n bahasa tubuh..
    pasti bisa theee...
    FIGHTING!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu jg fen? Kirain ya aku doang yg kacau englishnya..hahaha iyaa nih harus semangat!! Makasi yaaa

      Delete
  9. Hihi, semangat ya Thea :)
    Lebih sering practice aja pasti ngebantu kok, gw juga masih banyak belajar lagi.
    Wajar susah, karna English bukan Bahasa Ibu kita.
    Cayooo, salam kenal ya Thea :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hii tweety, makasi ya udh berkunjung kesini^^

      Iya ni kudu sering practice dehh

      Delete
  10. hi met kenal thea. Coba tanya ke bos boleh bawa asisten ga? klo boleh gw mau banget (modus ke bali gratis) hahaha. Orang korea klo omong inggris ngertiinnya susah2 gampang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo^^ makasi kunjungannya. kalo bisa bawa asisten yg jago english sih mau banget guee.. hahaah.. iya, org korea tuh banyak yg ngaco inggrisnya.. :|

      Delete