Monday, May 28, 2018

Ke Pulau Antah Berantah (Part 1)

Sejujurnya untuk liburan kali ini, gue tuh sampe gak tau mau kasih judul apaan. Jadi Yaudah lah ya pake Part aja. Sungguh tak kreatif sekali anaknya. -___-

Biar gak bingung, monggo dibaca dulu intronya, klik di sini.

Setelah tidur kurang dari 3 jam badan gue bukannya lebih enak malah jadi pegel-pegel gitu. Tapi, mau gak mau udah harus bangun, mandi dan turun buat sarapan. Oya, sepanjang cerita tentang Hainan bakalan bertebaran kata-kata: Gila panas banget, panasnya astaga, ya ampun panas, ih panas banget, panas.. panasss, PANASSSS!

Harap dimaklumin ya gaes, anaknya gak demen panas-panasan soalnya, trus kulit gue gampang banget gosongnya dan susah balikin warnanya lagi. Hiks.

Yaudah, lanjut, The..


Satu kendala besar kaum milenial adalah gak bisa hidup tanpa internet. Tul gak? Pagi-pagi gue langsung nemuin TL (tour leader) gue nanyain ini kenapa gue gak bisa browsing, dll. Kata TL gue, katanya harus aktifin paket data roaming, kudu isi pulsa dan beli paket datanya. Ih, kenapa kagak bilang dari sebelum berangkat. KZL

TL gue pun bilang dia gak bisa, yang bisa itu TL group sebelah. Jadi dari Bayu Buana ini dibagi 2 group dengan 2 TL. Karna TL group sebelah juga lagi sibuk urusin pesertanya, jadilah gue belom bisa aktifin, mau gugling caranya juga kan gak bisaaa. Aku gak bisa eksis.. Aku gak bisa IG Story.. Aku sedih gaes.. :’) 

SANYA

Suasana Kota Sanya pagi hari.

Seperti yang gue bilang di postingan sebelumnya, kita ini mendaratnya di kota kedua terbesar di Hainan namanya Sanya. Gue juga baru tau kalo Sanya sempet jadi pilihan untuk ajang Miss World, tepatnya sampe 7x gaes! Gils, canggih banget gak tuh. Lokasinya sendiri ada di Crown of Beauty Theater, gue gak ikutan ke sana sih jadi gak tau dalemnya gimana.

Dan karna udah berkali-kali jadi tempatnya Miss World, Sanya lebih terkenal dari Hainan. Orang-orang sering ngira Hainan itu bagian dari Sanya, sama lah kayak Indonesia itu di mananya Bali sih? :p

Salah satu yang gue suka di sini adalah kotanya bersih, gak nyangka lho. Gue ngebayangin namanya kalo udah di China mah kotor, jorok, bau, gak tertib. Tapiiii, Sanya malah bersih, kotanya tertata dan udaranya bagus, salah satunya karna semua motornya itu dari listrik. Terus gak ada yang namanya motor ngadu sama mobil karna jalurnya terpisah. Palingan sih motor ngadunya sama orang, abis di beberapa bagian jalur motor dan pejalan kaki digabung. Lol

Dan katanya sih di sini juga airnya bersih (walau pun ya kalo di toilet umum tetep aja bau dan minim aer -__-). Oya, karna kotanya yang bersih dan orang-orangnya rajin makan sayur, rata-rata orang di Sanya tuh berumur panjang, bahkan ada yang mencapai 110 taun!

Di Sanya ini tempat pertama yang kita kunjungi adalah…

NANSHAN BUDDHIST CULTURE PARK


Ini salah satu tempat femes dan kudu dikunjungin kalo ke Sanya, apalagi untuk kalian yang beragama Budha bisa sekalian doa gitu. Karna di sana ada patung Dewi Kwan Im tertinggi di dunia. Wow!

Tingginya mencapai 108m gaes, yang katanya sih gak bakal ada yang bisa lebih tinggi lagi, banter-banter kalo ada yang bikin ya tingginya mentok 108m deh. Why, The? Kata local guidenya sih 108 itu punya arti dalam agama Budha, kalo gak salah untuk jadi dewa harus melewati 108 rintangan atau apa lah, gue rada lupa. Kalo ada yang tau tolong dikoreksi yak.



Gantungan dengan tulisan yang gue gak ngerti artinya. Isinya doa-doa kali ya.
Banyak yang ke sini buat berdoa / sembahyang. Atau ada juga yang sekedar eksis foto-foto kayak kita. :p
 Gue dan si temen kantor. Ciwik dari kantor cuma kita berdua aja.
Foto lengkap geng kantor. Iya, liburan kali ini anak kantor yang ikut dikit. Tapiii tetep seruuu dan ngakak terus~~
Hobby baru selama di sana : dikit-dikit berteduh terus minta difotoin. :p

Di sini kita dikasih waktu 1 jam buat foto dan keliling-keliling. Hari ini panas banget dong, gue gerak dikit aja udah keringetan, yang ada foto-foto bentar abis itu udahan. Yah, pokoknya selama di Hainan buat dapet foto-foto ciamik tuh butuh perjuangan gaes~

TEMPAT WAJIB

Seperti biasa kalo ikutan tour pasti bakalan ada kunjungan ke tempat-tempat wajib, yang biasanya jarang gue ceritain. Di sini selama 3 hari pertama tuh banyak banget kunjungin tempat wajib yang berujung jualan obat-obatan herbal dengan harga selangit. Tapi, ya emang China kan terkenal dengan ramuan herbalnya, cocok lah buat para orang tua. Jadi, selama kunjungan ke tempat / toko wajib biasanya om tante umur 50an yang pada belanja demi kesehatan mereka.
Salah satu tempat wajib yang kita datengin adalah toko teh. Di sana kita disuguhin berbagai macem teh dengan khasiatnya. Sayangnya orang sana tuh semua ngejelasinnya pake bahasa mandarin. Lah, kita-kita mana ngerti (ada sih beberapa om tante yang ngerti gitu dan ngasi tau apa yang diomongin). Jadi, Selama seminggu di sana itu hampir gak ada yang ngejelasin pake inggris. Bahkan local guidenya pun awalnya doang pake bahasa inggris, selebihnya dia nyerocos bebas pake bahasa mandarin.

Tiap teh dikasih di tempat kecil gini. Kayaknya ada kali gue cobain lebih dari 7 jenis, dari yang pait banget, tawar sampe yang enak bikin nagih. Kelar cobain semuanya, gue kembung. :|
Cici cantik yang awalnya ramah dan murah senyum ketika ngejelasin berbagai khasiat teh. Tapi, pas tau yang minat beli cuma 2 orang, mukanya langsung jutek. Hahahahah :p

MAKANAN

Ini lagi yang bikin gue takjub, surprisingly selama di sana makanannya enak-enak dong~~ dan tiap makan (Lunch / Dinner) menunya selalu bar-bar, ada kali 10-11 menu yang disediain.

Ini salah satu foto makanannya, mejanya udah penuh tapi masih ada makanan yang belum dateng. Terus gue udah gak sempet foto makanan lagi karna langsung pada nyerbu makan. Abis enak sih. Terus di sana setiap lunch dan dinner selalu disediain 2 botol beer dan 1 botol soda, khas yak. Dan menu makannya selalu ada telur entah di dadar, tumis pake tomat, tumis pake sayur, dll. Dan juga selalu ada cah kol atau sawi putih. Ini gak tau kenapa enak banget, kayak gak bosen gitu tiap hari makaninnya itu. Selain itu juga ada olahan ayam, bebek peking, ikan tim, dijamin sebulan di sini sih bisa naek berkilo-kilo. :p

DEER LOOKING BACK STATUE

Agak sorean, bus membawa kita ke satu tempat terakhir di hari itu sebelum kembali ke hotel. Lokasinya itu nanjak banget dan ada di atas bukit gitu. dari bawah kita harus naik mobil sampe di tengah.


Liat 5 gedung tinggi itu gak? itu hotel bintang 7 di sana dong! Waktu kita ke sana, baru banget mereka grand opening. Katanya pas malem openingnya heboh gitu pake kembang api.

Dari tempat perhentian mobil, kirain kan udah ya bakal foto-foto di situ aja. Ternyata kita kudu jalan kaki nanjak lagi ke atas dong. Kita jalannya lumayan santai sih, biar gak lepek-lepek banget gitu, begini aja ketek udah basah. T_T

Setelah nanjak sekitar 20 menit, akhirnya kita sampe juga di atas.

Deer Looking Back Statue

Kalo menurut cerita, dulu ada seorang pemburu yang mau memanah seekor rusa. Singkat cerita, pas mau dipanah, rusanya itu nengokin kepalanya ke arah pemburu itu dan berubah jadi cewek cantik. Eh, si pemburu jadi jatuh cinta dong dan akhirnya malah nikah dan hidup bahagia.

Emang ya, cowok di mana-mana takluknya sama 3 hal: harta, tahta, WANITA.

Berhubung udah di atas juga, jadi wajib lah foto-foto ya kan. :p

"There is always a reason to smile. Find it :')"

Tampang lelah, muka kucel udah minyakan semua. 

Dari sana kita balik ke hotel buat makan malem. Dan karna masih jam 7, kita mutusin buat keluar hotel dan muter-muter di sekitar hotel.


Karna di sini iklimnya tropis, kita bisa nemuin berbagai buah menggiurkan. Seru banget nih kita milih mangga, nanas dan kelapa. Dan enaaaak
 Untuk harganya menurut gue oke lah, gak mahal. Rata-rata di sana mangga itu harganya 10-15 yuan/buah (1 yuan = Rp 2.200), kalo nanas malah murce banget 10 yuan dapet 4pcs dongs! Sedangkan kelapa juga sama 10 yuan / buah.


Selama berhari-hari di Hainan itu kita selalu makan buah, abis seger-seger dan enak gitu, harganya juga gak bikin dompet jebol.

Kami si anak-anak bahagia. Ketemu mangga langsung hepi dan makan dengan lahap. :p

Abis hunting buah, saatnya hunting oleh-oleh. Gila dah baru hari pertama aja jajanan udah bikin berat koper nambah berkilo-kilo. Gawat! Aku kudu piye gaes?

Karna udah cape banget jalan seharian plus kepanasan, paniknya gue simpen besok-besok dulu deh. mending mandi, kabarin Sun via email (ngenes!) plus tidurr.

Besok acaranya kemana, The?

Di postingan selanjutnya yaaa

Dadaahh
*kibasponi*

2 comments:

  1. iya Sanya hebat banget ya dijadiin tempat pemilihan putri2 sampe 7 kali gitu. Tapi gua juga baru tau sih...wkwkwk. *gak update urusan peputrian. Patung Budha nya bagus the, gede dan luas banget ya tempatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa ci, aku juga gak update putri2an gitu. malah baru tau pas ke sana :p

      Delete