Monday, May 14, 2012

Saat Perjalanan Pulang...

http://browse.deviantart.com/photography/?qh=&section=&q=rosary#/d2d0lmz
 
Posting kali ini bisa dibilang sekuel dari cerita Showcase Jay Park kemaren...
Gak ngomongin JP lagi kok, soalnya udah too much. Hahahah.. kali ini mau share tentang perjalanan pulang setelah mini concert itu. Kemaren udah gue ceritain kan kalo gue pulang dianterin sama kru SCTV. Akhirnya Tirza dijemput gitu sama kakaknya, dia ngajakin gue en Podeng buat bareng sampe Kebon Jeruk. Tapi Podeng yang gak enak sama Mas Upe nolak ajakan Tirza. Secara gue baru kenal sama Tirza, gak mungkin juga gue bareng dia dan ninggalin Podeng dong. Yaudah akhirnya kita berdua tetep bareng sama Mas Upe. 
 
Ini nih yang bikin pikiran gue kacau balau dan super sedih, kayak yang gue bilang di awal2 postingan Showcase Jay Park. Di mobil gak cuma ada Mas Upe, tapi ada Mas Winaryo juga. Mas Winaryo yang nyetir gitu. Kita bedua duduk di tengah.
Mulai lah obrolan2 kecil, mereka nanya kita kerja di mana. Awalnya tuh yah, si Mas Upe ngira kita masih anak SMP loh!! Emang segitu anak kecilnya yah muka kita berdua. Hahhaa. Kita juga nanya2 kalo orang media tuh kerjaannya ngapain aja, kegiatan yg dilakukan apa aja.
Mas Winaryo tau2 bilang gini : kamu ini orangnya suka ngegampangin ya, suka bikin janji2 tapi sering gak ditepati.. (ngomong ke Podeng)
Mulai dari situ omongan udah mulei serius. Trus Mas Winaryo menjabarkan sifat2 Podeng. Gue en Podeng sampe bengong, kok bisa tau gitu.
Gue: mas, abis podeng, aku yah mas. Kasih tau kekurangannya aku apa aja dan apa yang musti diperbaiki.
Mas Winaryo (MW) : dikira saya dukun. Hahha. Gini loh dek, kalian kan masih muda, coba belajar untuk menghargai waktu. Bagi waktu, jangan suka ikut2an temen. Aku liat, kamu tuh susah buat nolak. Orangnya gak enakkan. Nah itu pelan2 harus diperbaiki. Buat apa terus nurutin keinginan temen yang sebenernya belum tentu berguna.
Mas Upe (MU) : wah, udah mulai nih kotbahnya. Udah gua mau tidur aja dah.
MW: bukannya kotbah, tapi sekedar sharing.
Gue: gapapa mas, lanjutin aja.
Kata2 Mas Winaryo cukup jleb juga ya, gue emang susah buat bilang ‘tidak’ apalagi sama temen2 baek. Kayak show JP, sebenernya gue gak ngefans, tapi ikutan nonton karna nemenin Podeng. Cuma sekarang ini, gue udah belajar buat lebih ‘tega’, belajar buat nolak.
MW: kamu nasrani juga?
Gue: iya mas, aku Katolik juga sama kayak Podeng. Emang Mas agamanya apa ya?
MW: ya sama, saya juga Katolik.
Gue: wah bisa gitu yaaa
MW: kayak yg aku bilang, bergaul itu juga ada batasnya. Kalo menurut kalian gak baik, ya jangan diikutin. Nah kamu nih (ngomong ke Podeng),  bergaul itu perlu, banyakin temen wajar tapi kalo pertama2nya udah langsung akrab dan gimana2, orang akan mikirnnya kamu gampangan. Apa lagi cowok, kamu bisa cepet akrab sama cowok itu, berarti bisa kayak gitu juga ke cowok lain. Mereka bisa mikir kamu gampangan.
JLEB!!!
Podeng: tapi mas, bukannya itu ramah? Kita kan juga gak ngapa2in.  (podeng nyerocos, gue lupa dia ngomong apa aja)
Dari sini gue udah mulei diem, mulei mikirin kata2 Mas Winaryo. Apalagi ketika udah membahas Tuhan, gue makin gak ada suaranya, udah lemes dah.
MW: kita sama2 Katolik nih, jadi lebih enak ngomonginnya. Coba deh kalian inget-inget apa setiap hari kalian inget sama Tuhan? Sudah mengucap syukur kah atas kesehatan, atas nafas kehidupan, atas mukjizat yang Dia berikan dengan cuma2? Aku tau, gak hanya 1-2 aja tapi banyak umat tuh yang ke Gereja hanya sebagai kewajiban bukan atas kebutuhan.  Coba ikut misa bener2 dengan kesungguhan hati, berserah sepenuhnya, ‘ini loh, aku Tuhan datang kepada-Mu”, gak hanya sebagai kewajiban semata.
Podeng: duh mas, kata2nya. Iya sih, tau aja. Jadi harus kayak gimana ya?
WN: nah ini, kamu bisa pergi2, maen sama temen tapi gak inget Tuhan. Dia yang ngasih kehidupan, Dia yang ngasih ayah Ibu yang baik. Sudahkan menyenangkan hati kedua orang tua kalian? Pernah gak ketika pergi, kalian inget orang tua? Orang tua membesarkan kamu sampe sebesar ini bukan hal yang mudah, banyak cucuran keringat yang diperas, pengorbanan yang tak terhitung. Apa kalian sudah membalas segala pengorbanan mereka? Saat pergi sama temen2, pernah kah berpikir “apakah yg saya lakukan ini berguna?”. Orang tua gak meminta anaknya untuk membalas jasa mereka, tapi kita wajib untuk membahagiakan mereka. Bukannya gak boleh bergaul ya, bergaul itu penting kalian bisa kenal banyak orang, hanya saja tetap harus ada batesan.
Saat itu, mata gue mulei menggenang. Gue paling gak tahan kalo udah ngebahas kayak ginian. Air mata udah gak kebendung, diem2 gue ngelap air mata. Untungnya mereka bertiga gak nyadar kalo gue nangis. Udah lemes dan gak sanggup berkata2 gue saat itu, lagi usaha buat nahan air mata biar gak ngucur terus.
Kalo Podeng masih sanggup nanggepin kata2nya Mas Winaryo. Setiap dia selesai ngomong, Podeng menanganggapi.
WN: kita gak bisa hanya sekedar jadi orang ‘baik’. Yang namanya iman itu harus terus bertumbuh. (nyebutin beberapa ayat dlm alkitab). Ikutin perintah Tuhan, nurut sama Dia. Jangan jalan ke arah yang Dia tentang. Sadar gak, Tuhan kita itu Tuhan yang pengasih, kita sering lupa sama Dia tapi tak sedetikpun Dia lupa sama umatnya. Tuhan kita bukan Tuhan yang memaksa, Dia memberikan kebebasan. Tapi balik lagi ke kepribadian masing2, mau gak nurut sama Dia, ikuti jalan Dia.
Gue: jadi mas, carilah dulu kerajaan Allah maka semuanya akan dimudahkan gitu ya? (ngomong dengan agak tersendat)
WN:  nah itu tau. Utamakan Tuhan dalam segala hal yang kalian lakukan. Kebanyakan orang selalu nuntut ini-itu ke Tuhan tapi pribadinya sendiri gak sepenuhnya percaya sama Dia. Kalo sedih baru inget Dia, tapi ketika udah seneng gak inget lagi sama Dia yang memberikan kebahagiaan.
Sesi berubah ke arah percintaan...
Podeng: trus mas, kita udah pasti dapet jodoh kan ya? Lebih dari umur 28 baru married atau kurang dari itu?
WN: gini yah dek, Tuhan itu menciptakan setiap umatnya berpasangan. Percaya sama Dia. Lebih dekatkan diri pada-Nya. Kalian nikah di bawah 28 tahun kok
Gue + podeng: AMIN.. AMINNN...!
WN: pelan2 harus rubah.  Jangan sampe berbuat suatu hal yang bikin cowok mikir kalo kalian gampangan.
Podeng: emang mas ngeliat kita gampangan ya? Kayak cewe murahan gitu?
WN: ya enggak, aku hanya memberi masukan aja.
Gue: kalo aku nih mas, susaahh banget buat jatuh cinta susah buat buka hati, kalo ada cowok yg deketin dan terlalu agresif, aku suka kabur. Takut. Apa itu yg jadi permasalahan sampe skrng susah dapet pacar? Tapi umur udah segini, aku mau cari yg bener2 serius dan gak main2.
WN: ya coba buka hati, karna apa yg dilihat diluar belum tentu sama seperti dalamnya. Kenali dulu, jangan langsung menolak. Kalo cowok bener2 sayang, dia pasti mikir untuk kedepannya, gak mau bikin pasangannya ikut susah. Dia pasti mau membahagiakan istri dan anak2nya. Dulu aku gak mau cari istri sebelum punya rumah dan mobil, itu aset untuk kedepannya.   
Podeng: kalo kayak gitu kita bukannya dibilang cewek matre mas?
WN: enggak dong. Laki-laki sejati itu punya rencana  yang jelas dan pasti untuk kedepannya. Mereka butuh istri yang bisa support. Kalian sebagai perempun harus menanyakan dengan jelas kedepannya mau seperti apa, kalo cuma sekedar sex dan gak jelas, mending tinggalin. Sex bisa dibeli ke org2 yg menjajakan sex, ngelakuin, dan selesai. Tapi yg namanya berumah tangga perlu saling pengertian, cinta kasih, saling support, dan tentunya berpedoman menurut ajaran Kristus.
Mas Upe dan Mas Winaryo nurunin gue dan Podeng di kebon jeruk, mereka balik lagi ke senayan, ke kantor SCTV buat absen. Sumpah, baikk bangeet. kata2 mas Winaryo tuh JLEB semua. Sepanjang perjalanan berkali2 gue ngusap air mata. Pas turun dari mobil, gue udah gak bisa nahan lagi. Langsung banjir. Bayangin yah, lagi di pinggir jalan, malem2 ada cewek nangis deres. Podeng ampe gak tau musti ngapain ngeliat gue nangis.
Gue bener2 ngerasa berdosa banget. Bener2 tertampar banget dengan kata2 Mas Winaryo. Ibaratnya, Tuhan udah ngetuk pintu hati gue berkali2, tapi gak gue bukain, malah gue kunci dan kuncinya gue buang ke tempat tak terjangkau. Yang bisa Dia lakukan hanya mengetuk dan terus mengetuk sampe gue bukain pintu hati gue dan mempersilahkan Dia masuk. Tuhan selalu merhatiin gue, tapi gue terlalu sibuk dengan segala urusan gue, sampe2 buat ngelirik ke Dia aja gak bisa, Dia dengan setia tetep merhatiin gue, tetep ngejaga gue. Dia udah membuka tangan-Nya lebar-lebar tapi gue enggan buat jalan mendekat pada-Nya. T______________T
Belakangan ini gue emang udah jarang berdoa, gak pernah nyentuh2 alkitab lagi, terlalu fokus sama kerjaan gue, sempet mikir buat keluar dari pelayanan di mudika Gereja. Ngerasa udah gak pantes ngelayanin. Gue mikir, toh pelayanan gak mesti di Gereja, bisa dalam keluarga dan di mana pun lo di tempatkan.
Dan mungkin ini cara Dia buat ngingetin gue lagi. Mas Winaryo hanya perpanjangan tangannya untuk ‘menyentil’ gue. Cara Dia untuk mencari domba-Nya yang hilang, emang gak pernah terduga yah. Dah gue bersyukur banget bisa kenal sama Mas Winaryo. Bener2 banyak hal yang gue dapet, tentang Tuhan, tentang orang tua, tentang arti hidup.
Gue sebenernya malu juga sih ngeshare disini. jadi makin ketauan klo gue cengeng banget yaa.. tapi gue harap, ada hal positif yang bisa diambil dari kata2nya Mas Winaryo, biar hati dan pikiran makin terbuka~ :)

Dadaahh
*kibas poni*

10 comments:

  1. berarti lu sampe ikutan ke konser JP itu emang udah jalan lu... biar lu ketemu ama orang sctv dan akhirnya bisa membuka pikiran lu ya thea.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa ko, emang udah jalannya~
      bener banget, bikin hati dan pikiran makin terbuka dan makin mantap untuk kedepannya :')

      Delete
  2. kalau gue setuju banget sama kata mas winaryo kalau kita harus pny step yang jelas ke depannya. nah di depan itu akan banyak tantangannya, makanya kita juga harus kuat. :D masih muda, gpp, yang penting mau terus belajar: D

    ReplyDelete
    Replies
    1. YEPP!! apa lagi guee..hahahaha..
      bener2 pengalaman tak terlupakan dehh :D

      Delete
  3. oh jadi begini kisahnya... kenapa balik dr showcase JP malah kaya pulang dari KKR ^^.... Rencana Tuhan emang gak bisa di duga ^^...

    Good for you the ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya ceritanya masi panjang, wejangan dari Mas Winaryo banyak banget sampe gak inget satu per satu.hahah..

      iyaa berasa abis KRK :D

      amin aminn.. you too~ :')

      Delete
  4. weew... tuhan memang punya rencana yg tidak terduga ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai,, makasi yah udah mampir2 ke blog aku~
      btw pengen follow blogmu tp gak bisa -_____-

      yep! rencana Tuhan emang selalu mengejutkan :)

      Delete
  5. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  6. Harus sering2 ikut mini konsernya SCTV nih biar ketemu mas winaryo...

    Keren The post-nya..

    thx udah sharing yah..

    GBU

    ReplyDelete