Thursday, April 21, 2016

Hidup Cewek!!!

Waktu awal januari, ketika baru hari pertama ngantor lagi, jaringan internet kantor gue tuh bermasalah. Gak cuma gak bisa akses internet, sampe segala program kantor pun gak bisa. Gue ampe bohwat nelponin Telk*m buat kasih laporan gangguan internet dan minta teknisinya dateng ke kantor.

Kantor gue ini unik, kita gak punya tim IT yang bisa gerak cepat kalo ada masalah dengan komputer, program, internet, dkk.  IT kantor gue ini cuma 1 dan dipenggang sama suaminya si Ibu. Kita panggil aja Mr. W, dia orang Singapoh. Pas akhir taun, si Mr. W manggil gue.

Mr. W : Atia (nama gue bagus-bagus Alethea, dipanggilnya ATIA! -_-)
Gue    : Ya, Mr?
Mr.W  : besok saya sudah tidak ada di kantor, kalau internet ada problem bagaimana? Sini saya ajarin kamu.

Dan diajarilah gue gimana cara ngecek speed, dia kasih akses buat masuk ke jaringan internet, dll. Gue manggut-manggut aja dan dalem ati berharap semoga selama si Mr. W, Ibu dan anaknya lagi liburan, keadaan kantor aman-tentram-damai-sentosa.

Tapi, harapan tinggal harapan. Dari akhir taon tuh adaaaa aja masalah. Dari internet yang mati-nyala-mati-nyala, line telpon beberapa mati, kabel sambungan telpon juga ada yang rusak. OMG! Dan tiap hari gue telponin Telk*m dan PABX buat benerin. Pas awal tahun sih puncaknya, internet dan program kantor gak bisa diakses. Semua kerjaan di setiap divisi tertunda, gue udah ketar-ketir aja nih, kalo belom bener sampe si Ibu dan Mr. W balik sih kacau deh. Bisa murka!

Sempet juga minta tolong ke bagian technical engineer di kantor, dia udah usaha juga, udah ganti kabel dan ngecek-ngecek mana yang bermasalah, teknisi dari Telk*m juga udah bantuin. Tapi, hasilnya NIHIL! Mantap! Gua lemes dah…

Sampe terakhir, teknisinya Telk*m dateng lagi ke kantor, dia gantiin router dan dia coba cari-cari kendalanya. Ternyata tuh dari Telk*mnya, jaringan lancar jaya, gak ada masalah. Dan ternyata masalahnya itu dari server kantor! Mateng! Dia juga pake bilang ini bisa jadi salah satu komputer ada yang kena virus dan tuh virus masuk ke dalem server, ngeganggu program dan internet juga. anjrit! Makin sakit kepala lah gue.

Ada 1 temen kantor gue, cewek juga, yang mana dia juga pegang program kantor dan so far dia cukup paham lah sama permasalahan kayak gini. Gue sama dia udah pandang-pandangan aja.

Terus si teknisinya ngasih tau caranya untuk ngecek komputer mana yang bermasalah. Tapinya dia kagak berani nyentuh-nyentuh server, karna ya emang dia gak punya wewenang untuk itu. Pas si teknisi pulang, gue diskusilah sama temen gue.

Temen  : duh, gimana nih, The?
Gue      : Yaudah, cek aja deh yuk.
Temen  : yakin? Lo berani nih? Tar kalo Mr. W marah gimana?
Gue      : ya daripada kita gak bisa akses program dan internet. Udah, trabas aja deh
Temen  : bener nih? Kalo ada apa-apa kita yang nanggung ya.
Gue      : iya! Yuk!

Jadilah gue dan temen berubah profesi jadi tukang kabel amatiran. Kita copot-copotin semua kabel yang nyambung ke LAN, kita cek satu-satu komputer, kita suruh semua orang scan virus di komputer dan laptop masing-masing. Dan akhirnya internet bisa!! Satu permasalahan selesai! Dan kita berlanjut buat cari tau kenapa program kantor gak bisa diakses. Kita ganti kabel lama sama kabel yang baru, colokin sana-sini, terus tarik kabel dari lantai 2 ke lantai 3. Setelah perjuangan selama hampir 3 jam berkutat dengan kabel-kabel, gak hanya internet yang bisa di akses tapi juga program bisa dipake lagi! HOREEEE.. aduhhh lega banget dah guaaaa.

Pekerjaan kita gak selesai sampe di sana aja, itu kabel kan ngegantung dan bisa bikin orang kesandung, jadilah kita rapihin, kita lakbanin dari lantai 2 sampe lantai 3. AC kantor udah gak berasa, kita ampe keringetan, malemnya gue pilek gara-gara kena debu dari kabel-kabel itu. Tapi, yang penting semuanya udah bisa!

Sampe besokkannya pas Ibu dan Mr. W balik ke kantor, semua berjalan seperti biasa, gak ada kendala. Tapi, jam 4 sore tau-tau internet dan program gak bisa diakses! Dan apesnya gue dan si temen kena omel Mr.W gegara kemaren ganti-ganti kabel.  Gak tau apa kemaren itu kita mati-matian usaha benerin. Hah!

Oke, abaikan paragraf terakhir. Yang terpenting kita udah usaha buat ngebenerin . Kalo Ibu Kartini masih hidup, dia pasti bangga banget sama gue dan temen gue! *pake kacamata item* *naikin kerah baju* *jalan dengan pongah*

Terima kasih Ibu Kartini yang udah memperjuangkan hak-hak kaum wanita dan menyetarakan derajat kita. Kita dapet pendidikan yang layak dan tentunya kita bisa jadi wanita yang berkualitas.

Dear para perempuan, kita ini bisa kok ngerjain pekerjaan cowok.

Dear para cowok, kita gak selemah yang kalian kira.

Dan buat gue pribadi sebagai cewek, cuma mau bilang, jadilah cewek yang mandiri. Manja boleh tapi tau waktu dan tempat. Jangan jadi cewek-cewek lemah dan penuh drama (seriously, udah gak jaman). Dan terus belajar buat ningkatin kualitas!

Mengutip saran dari ask.fm nya Tirta: "You don't have to be the best. But make goddamn sure you're abouve average"."You don't have to be the best. But make goddamn sure you're abouve average"."You don't have to be the best. But make goddamn sure you're abouve average".you don’t have to be the best. But make goddamn sure you’re above average.

Selamat hari Kartini.

Hidup cewek!!!

10 comments:

  1. selamat hari kartini, the.
    jadi itu yg bermasalah apaan ya the? *mikir* *padahal gak ngerti* hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gak usah dipikirin ter, entar ikutan puyeng hahahaha

      Delete
  2. Tapi teuteup dapet oleh2 dari si Ibu kan the? *gagal fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha dpt oleh2nya surprise ke korea cii

      Delete
  3. harus nya lo yg omelin mr w..... kerjaan dia tuh harus nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue mendingan ngomelin preman dibanding ngomelin si mr. Hahahah

      Delete
  4. Kalo ketemu orang yang kayak begini emang ngeselinnnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otg yg ngeselinnya tuh siapa maksudnya? :D

      Delete
  5. ih hebat banget bisa sempet solve problem kayak gitu, kalo gw ketemu masalah IT sih gw tinggal aja udah jalan2 ke Mall, wakakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang disuruh lagi jg udah gak bisa var. Itu mah sebenerny krn kepepet aja. Hahahaha

      Delete