Wednesday, June 26, 2019

Cerita Seputar (mau) Nikah


Ehem.

Gue mau cerita nih. Eh, lebih tepatnya curcol sih. :p

Btw, cerita jalan-jalan ke Turki nanti (kalo sempet) bakal dilanjut. Soalnya cerita yang paling seru dan memorable belom sempet gue ceritain nih!

Oke, The, gimana persiapan nikah Lo?

Mendekati hari H, banyak yang nanyain itu ke gue. Dan gue lebih sering jawabnya: yah, gak gimana-gimana, biasa aja lah sambil dijalanin terus aja, cicil bayar ini-itunya, siapin mental juga.

Bukannya basa-basi, tapi gue sendiri gak tau mau jawab apa. Excited? Iya. Mumet?  Sometimes. Cape? Sometimes. Makin mesra sama Sun? Iya, dong. Singkat. Padat. Jelas gak? LOL.

Mari gue ajak kalian flashback ke ‘rencana’ gue bertaun-taun bahkan belasan taun yang lalu..


*Thea waktu masih muda belia bersama temen-temennya*

“Gue kalo nikah nanti mau kayak princess.” – Temen
“Gue mau undang semua temen-temen gue biar meriah.” – Temen
“Gue pengen adain pestanya yang mewah, souvenirnya yang bagus. Parfum mungkin?” – Temen
“Gue pengen pemberkatan di Gereja aja, pake gaun putih yang simple. Udah. “ – Gue
“Hah?? MASA GITU DOANG? SERIUS LO?” – Temen-temen.

Mau nikah sederhana, mau dipestain, mau kayak princess, dll gak ada yang salah. Masing-masing pasti punya wedding dream gitu kan. Gue aja seneng kalo denger temen nikah dan dateng ke nikahan yang dekornya tuh mevvah memukai, menu makannya ntap endolita. Wah lah pokoknya.

Tapi, berkali-kali dateng ke nikahan temen, bikin lo berubah gak, The?
Enggak sih. Haahhaah *anaknya konsisten* :p

Gue pun dari awal udah bilang ke Sun, gue pengen nikah di gereja aja, terus kita traveling. Sun pun setuju, kita emang pasangan yang gak mau ribet nyiapin pesta. (makanya cucok yes).

Taun lalu pun kita mulai serius bahas nikah, kita ngomong ke masing-masing ortu. Intinya pengen pemberkatan aja, pulangnya makan-makan keluarga di restoran. Sukses kah?

OH, TENTU TYDACK sodara-sodaraaa~ tetep pengennya ada pesta, pengen ngundang si ini, si itu, si anu, si ono. Ku langsung pusing. : |

Why oh whyyyy..

Dan jadilah kita bakal pemberkatan di gereja plus malemnya resepsi. Walau pun ortu udah setuju untuk gak banyak undang orang di resepsi. Jadi semua temen kita dan ortu diundang di pemberkatan, malemnya kita sistem panto (makan di round table gitu gaes, bukan standing) yang 90% isinya sodara-sodara, 10% isinya temen-temen baik.

Gue dan Sun pun sepakat, ini nikahan kita, kita nikah secukupnya duit kita aja (patungan berdua). Dan gak pake ngutang pinjem-pinjem duit! Big NO! kebayang gak sih kalo lo nikah dari hasil duit pinjeman, abis nikah bukannya hepi malah stress mikir bayar utang. Buat yang mau nikah, pliss ya pliss jangan pake ngutang-ngutang. Seriously, jangan yas. Kasih pengertian ke ortu juga (karna kebanyakan konsep nikah orang indo itu, nikah anak = gengsi orang tua) jadi pada hobi ngutang demi pestain heboh-heboh.

Dan gue mau kasih pesen buat rang-orang di luaran sana, kalo ada temen, tetangga, sodara yang nikah tuh didoain bukan dijulidin. Kasian lho. Gue cukup sering denger misal gak diundang ke nikahan temen, eh langsung baper dan gosipin ini-itu (gue kalo gak diundang malah bersyukur, jadi gak pusing harus cari dress + kasih angpao. LOL). Nikah kilat, dibilang hamidun duluan. Nikah gak pake resepsi dibilang misqueen. Duh, nih yang pada ngomong gitu tuh udah kasih sumbangsih apa sih ke mereka yang nikah?

Lo juga diomongin gitu, The? Gak tau dan gak mau tau sih gue nya. Hahahahaha~ Tips dari gue: CUEKIN AJA GAES. Jangan sampe mereka-mereka merusak kebahagiaan lo. Setuju? Tos!!

Okeh, lanjuuut.

Gue sekalian mau sharing apa yang gue dapet dari talkshow ‘Relationship Roles in The Millenial Era’ yang gue dapet di gereja. Ini salah satu talkshow yang baguuuus dan gak nyesel banget gue ikutan. Jadi bulan lalu gue ikut talkshow gitu kan, pembicaranya suami istri (Carlo Samba dan Ps. Gea), mereka sharing tentang membina rumah tangga, apa yang diperlukan oleh pasangan yang mau nikah dan sudah nikah, tentang parenting juga mereka sempet share sedikit karna ada yang nanya.

Menurut gue, apa yang mereka sharing tuh universal jadi gak terpaku sama satu agama. Jadi ini bisa banget dipraktekin untuk para pemeluk agama lain. So, cekidot~

Pernikahan Idenya Tuhan
Sering denger kan kalo jodoh itu dari Tuhan? Yah, kadang jodoh suka mampir dulu sih ke orang lain. Nah, kalo jodoh itu dari Tuhan, nikah juga idenya Dia. So, jadikan Tuhan sebagai pedoman dan pusat dalam kehidupan berumah tangga.

Kelola ekspektasi
Tar kalo nikah dia pasti berubah, kalo nikah dia jadi rajin, kalo nikah dia jadi jago masak dan mau beberes rumah, kalo nikah dia gak bakal pukulin gue lagi. HELLO?? LAU KIRA NIKAH TUH SULAP?  Itu coba buang segala kehaulan dan ekspektasi tak wajar ituh. Tips dari gue yang sering gue praktekin: don’t expect too much. Kita kasih terbaik yang bisa kita kasih, tapi gak usah ngarep kebanyakan. Sedikit ngarep = sedikit kecewa. Jadi, kalo semisal pasangan kita melakukan suatu hal yang kita gak expect, hepinya jadi double gitu.

Ekspektasi yang wajar-wajar aja ya gaes. Nikah juga bukan suatu jalan keluar atas semua masalah, no. Apalagi kalo salah pilih pasangan, yang ada malah tambah masalah. Pas pacaran melek semelek-meleknya ya, soalnya kalo udah nikah gak bisa dituker tambah pasangannya. :p

Jaga komunikasi, investasi waktu buat pasangan, keep dating
Kalo udah nikah, apalagi punya anak, jadi lupa sama keintiman dengan pasangan. Kayak, yauda lah mo ngapain lagi sih? Yauda lah udah tua masa mo mesra-mesra? Ih, situ maennya kurang jauhhh. Tuh coba liat deh kakek-nenek yang udah tuir keriputan tapi masih sweet, si nenek suka digandeng, jalan kaki berdua. Omagah, ku memeleh ngeliat pasangan ituuu. Nikah, punya anak, urusin orang tua, bukan berarti kita ngelupain waktu berdua dengan pasangan.

Ini juga gue udah ngewanti-wanti ke Sun dari sekitar 2 taun lalu deh, gue bilang one day kita nikah, usahain untuk punya waktu berdua. Gak perlu banyak, sedikit tapi berkualitas. Biar tetep rukun dan mesra gitu lhoo. Awalnya Sun sih mikir, ngapain yang kayak gitu-gitu. Tapi akhirnya dia sadar juga. LOL. Malah belakangan dia yang bilang, nanti mau udah punya anak tetep ada waktu berdua. Cieh

Oh yang penting lagi -> komunikasi. Entah gue baca di mana, gue lupa. Kira-kira gini: lo bisa sih ngomong lo tuh orangnya setia, gak bakal selingkuh, cinta mati sama satu orang. Tapi, kalo komunikasi lo dengan pasangan buruk, kesetiaan bisa menitis pis pis kayak daging yosinoya.

Respect each other
Wah ini. Salah satu kunci nih. Terus belajar untuk mengerti pasangan, hormati pasangan. Kalo kita gak egois, hidup rukun, rumah tangga adem (berantem pasti ada, tapi bisa diminimalisir), dampaknya gak cuma buat pasangan lho tapi berdampak buat orang lain.
Dan hadiah terbaik yang bisa kita berikan untuk  anak adalah dengan pernikahan yang baik. Jadi orang tua yang bisa dicontoh sama anak, jadi orang tua yang dibanggakan dan disayang sama anak. (ortu bangga sama anak udah biasa, tapi anak bangga punya ortu seperti kita, udah sering denger belom? :D)

PR besar banget yah ini, haahahah makin bisa rukun berarti makin kita berusaha mengendalikan diri dan ego kita, berusaha terus memahami pasangan, berusaha gak bosen-bosen ngobrol sama pasangan, selalu jujur. Susah gaesss, tapi harus dilakukan. Ya gak?

Terbuka secara financial
SETUJU! Udah gak jamannya tabu ngomongin duit. Gue dan Sun dari awal udah terbuka masalah keuangan. Punya uang berapa, gaji berapa, tiap bulan ada tanggungan apa aja, kita berdua tau. Jadi bisa pikirin solusinya. Kenapa kita udah omongin, salah satunya biar gak kaget pas nanti nikah. Dibiasakan dulu dari pacaran untuk terbuka. Dan buat kesepakatan pengelolaan keuangan mau gimana dan seperti apa. Ini penting. Catet gaes.
Nih point terakhir yang mau gue share.

Siap-siap nih gaes, soalnya ini hal yang amat sangat krusial di Negara Indonesia tercintah ini..

Minum yang dingin-dingin dulu coba.. biar adem..

Duh..

Siap-siap nihh…
.
.
.
.
.
Tentukan aturan / undang-undang dalam pernikahan, TANPA CAMPUR TANGAN ORANG TUA.

BEUHH! Gue setuju abis sama point yang ini. Entah udah berapa banyak orang cerita kalo rumah tangga suka panas, kisruh, berantem sama suami / istri karna digerecokin sama orang tua / mertua / sodara.

Gak bisa dipungkiri lagi, ini banyak banget ditemuin di sekitar kita. Ortu terlalu ngatur rumah tangga anak, ortu terlalu mengendalikan hidup anaknya. Yah, pokoknya terlalu mau ikut campur.

Kalo kita ngomong gini ada aja pasti orang yang bilang kalo jangan gitu sama ortu, ortu kayak gitu karna sayang, kita harus jadi anak yang berbakti.

No… bukan ke sana arahnya. Gak ada urusan anak berbakti dengan ortu / mertua dilihat dari seberapa rumah tangga kita diatur sama mereka.

Sebelum ketemu Sun, gue pun pernah ikut acara yang setipe sama talkshow ini, jadi sebenernya isinya ya mirip-mirip. Dan karna udah mau nikah, jadi kayak diinget lagi gitu. Nah di seminar yang dulu gue ikutin pun, pembicaranya bilang kalo suami istri itu harus kompak, hubungannya harus mengakar, biar kalo ada hantaman dari luar, tetep kokoh gak goyah.

Pun juga urusan dengan ortu / mertua. Kita perlu memberikan batasan untuk tidak mencampuri rumah tangga kita. Cara kita berbakti kepada orang tua adalah dengan tetap peduli dan ADA untuk mereka (ajak makan, ngobrol, jalan-jalan), bukan dengan menuruti semua apa yang mereka mau.

Ini reminder banget buat gue, one day ketika udah menjadi orang tua, kita ajarin mereka nilai-nilai yang baik, deket dengan Tuhan, ajarkan anak untuk mandiri dan dapat mengambil keputusan, agar suatu saat mereka siap untuk lepas dari kita dan membentuk keluarga baru. :’)

H-94
Doakan kami ya :)


Dadaahh
*kibasponi*


8 comments:

  1. semoga lancar jaya the persiapan weddingnya....

    ReplyDelete
  2. Semoga lancar, The!

    Tapi sebenernya, di lingkungan gue juga banyak yang mikir kayak temen2 lo. Kan gue jadi serem hadeeehh. Huahaha. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks, Di! :D

      hahahahah ya wajarlah, salah satu impian ciwik2 kan pegen ngerayain pernikahan yg unforgetable gitu. yg perlu digarisbawahi : sesuaikan sama budget, buat kesepakatan bersama maunya gimana, jng sampe ngutang demi keliatan wah :p

      Delete
    2. ((jangan sampe ngutang demi keliatan wah)) Hmmmmmm. Emang ada gitu ya? ._.

      Delete
  3. Theaaa.. lancar2 yaaa..

    sama deh The, pengennya simple aja..
    cuma hidup nggak sesimple itu yaa..
    pasti banyak yang ikut campur, namanya juga orang Indo.. wkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Feny~~ udah lama gak bertuker komen yaa hahahaa
      iya, hidup gak sesimpel itu :')

      Delete