Thursday, January 19, 2017

Fenomena Kekinian


Kita tau lah ya dari November kemarin tuh Indonesia (terutama di Jakarta dan sekitarnya) lagi panas-panasnya. Gue mungkin hanya secuil dari sekian juta warga yang nyimak dan terus ngikutin pemberitaan. Dan belakangan ini, gue semakin seru bacain pemberitaan. Tiap mau tidur, seenggaknya gue baca berita / opini rakyat minimal setengah jam. Jadi semacem nyandu gitu. Dan di sini sih gue gak mau bahas apa aja yang udah diberitain ya, soalnya gue gak jago kalo nulis yang kayak gitu. Jadi gue sebagai penikmat aja.
Tapi gue mau nulis fenomena yang terjadi di sekitar gue, yang bikin gue antara ngakak, keki, geleng-geleng kepala sampe kayang. Mari kita bahas satu-satu gaes:


DAYA BACA MENINGKAT = POLEMIK PETJAH = PERTEMANAN RENGGANG

Ini gak bisa dipungkirin, banyak orang yang terbius dengan kejadian yang kata kaum titik titik (silahkan di isi sendiri) itu menistakan agama. Semua orang banyak mencari pemberitaan dari berbagai media, termasuk gue. Dan seperti yang udah kita tau, jadi ada kubu-kubuan dong ya. sedangkan gue ada di kubu mana? Yang jelas gue bukan di kubu kaum titik-titik itu. :p
Dan kian hari, perang di social media semakin kenceng. Gue kalo buka facebook, udah kayak baca berita, banyak bener yang nge-share berita ini-itu. Yah kalo berita doang sih masih mending dah, tapi seringnya ditambahin dengan komentar sepedas BonCabe level 15, sejahat orang yang mutusin pacarnya di saat si pacar lagi sayang-sayangnya dan setajam mulutnya bu-ibu yang lagi nyinyirin orang. (oke, kayaknya gue bakalan dihujat nih, silahkan yang baper rapatkan barisan)
Awalnya sih gue ketawa-ketawa aja ngebacain perang komentar yang ricuh di home facebook gue. Gue mikirnya: buset, nih orang-orang kenapa pada sensi amat dah? Itu yang lagi pada di bela juga gak kenal ama situ semua.
Emang sih yang ada di Facebook dan Path gue bukanlah kaum titik-titik, isinya sih kaum yang senep ama si kaum titik-titik itu. Tapi kok ya pada darah tinggi semua? Sampe bahasanya juga kasar. Ini apa bedanya sama kaum titik-titik itu coba? Sampe yang bikin gue geleng-geleng kepala, ada beberapa yang bikin status di wall mereka (dan masuk ke home gue) yang isinya mereka unfriend orang-orang yang kontra sama mereka, yang bahkan temen baik atau sodara sekalipun udah gak dianggep lagi karna beda pemikiran. LAH! Segitunya amat~
Sejauh ini sih gue gak pernah ikutan nibrung kasih komen-komen panas atau unfriend orang di social media gue, karna menurut gue terlalu berlebihan yang kayak gitu. Kita ini 1 Indonesia, beda pendapat aja udah pada kayak mau perang. Padahal perang yang sesungguhnya itu perang melawan ego sendiri. #azek #SalamZuper
Tapi, gue pernah nulis ini:

 

Gue rasa penjelasan gue udah jelas ya~

BYE BYE BANJIR
Kalo berdasarkan KTP sih, gue bukan warga Jekardah, tapi gue nyari nafkahnya ya di sini. Senen – Jumat gue kudu berjuang desek-desekan di kereta buat ngantor. Gue sendiri ngerasain efek kerja nyata Pak Ahok dan timnya yang cetar. Dari awal tahun 2013 kan gue kerja di daerah Glodok (sekarang sih gue pindah ke kantor pusat di Mangga Besar). Dulu tuh ya tiap pertengahan Desember – Januari, kalo ujan gede, Glodok pasti banjir. Kebayang dong ya, gue tiap hari ngerobok banjir, ampe kaki gue kena kuman, gatel-gatel dan jadi budukan. KZL!

Pernah juga pas ujan gede banget, itu aer banjir sampe masuk ke kantor dan membanjiri sampe anak tangga kedua! Ntap gak tuh. Kita dipulangin siang-siang, gue ngerobok sampe setengah paha, jalan dari Glodok ke Stasiun Kota sambil menggigil kedinginan. Sampe Stasiun Kota dibilang kalo Kereta gak bisa beroperasi karna rel nya kebanjiran. Ya Tuhaaaaannn….!!
Akhirnya? Gue balik lagi, ngerobok lagi sampe Gajah Mada, dan naek ojek dari sana sampe Stasiun Duri. Basah, gerimis, kedinginan, kaki gatel. Rasanya pengen pinjem pintu ke mana aja Doraemon biar gue bisa langsung sampe rumah deh. T___T
Sekarang? Mau ujan segede apa pun, gak banjir donggg. Kalo pun banjir, gak separah dulu dan dalam itungan jam itu aer banjir udah surut. Dulu kali samping Glodok itu banyak sampahnya, warnanya item. Sekarang? Udah gak ada sampah, airnya lebih jernih dan mengalir. Pasukan Orangenya Pak Ahok JUARAAAA
Tapi… tapi… gue baca berita, ada seleksi ulang untuk pasukan orange itu, banyak yang diberhentikan. Ya ampuuunn, gue gak siap deh kalo harus ngadepin banjir kayak dulu. T_T Ditambah masih aja banyak masyarakat yang bermental “males buang sampah pada tempatnya, tapi giliran banjir, langsung kelabakan dan nyalahin pemerintah yang gak becus nanggulangin banjir.” Heran!

KARNA NILA SETITIK RUSAK SUSU SEBELANGA
Ternyata gak sia-sia ya gue sekolah, masih ada peribahasa yang nyantel. :p Ini berhubungan sama si PLT S*U*M*A*R*S*O*N*O (sorry gaes gue sensor, mudah-mudahan masih bisa kebaca) yang sementara gantiin tugasnya Ahok. Gue kalo baca berita tentang dia tuh rasanya udah pengen mengumpat, kacau banget kebijakan-kebijakan yang diambil (cari aja beritanya ya).
Gue sempet ngobrol-ngobrol sama anak kantor yang rumahnya di Jakarta, dia sempet cerita kalo di beberapa tempat jadi gak teratur lagi. Angkot-angkot pada ngetem di tengah jalan, DI TENGAH JALAN! Bayangin aja tuh gimana semrawutnya. Terus juga kata si Ibu, di lingkungan rumah dia di Ancol, di beberapa bahu jalan mulai dipenuhin sama pedagang kaki lima yang sebelumnya tuh gak ada. Semua jadi gak teratur, berantakan, seenaknya.
Kata temen kantor: membangun suatu kota itu susah, tapi ternyata melanjutkannya itu lebih susah. Setuju banget! Duh, buruan diganti deh tuh PLT. Kemaren juga abis jalan-jalan naek kereta ke Jogja dengan dalih kerja. Ahelah, dikira warga masih bodoh apa? Udah pada tau busuk-busuknya. Dana udah bocor di mana-mana. Gue kebayang sih, Jakarta bisa balik kayak dulu lagi kalo gak dipimpin sama orang yang tepat. Kacau!

AKSI GAGAL TOTAL
Masih inget dong ya sama aksi 411, 212, Aksi bela rakyat dan lain-lainnya. Waktu aksi 411 tuh semua udah pada parno, ngeri rusuh. Bokap nyokap gue udah ngelarang gue kerja, bahaya. Padahal gue sendiri kalem-kalem aja, gak khawatir. Hahahhaha.. sampe pas tanggal 4 November, gue seperti biasa udah siap-siap mau ngantor, eh diomelin. Jadinya gak masuk deh gue~ ternyata banyak juga anak kantor yang gak masuk (yang Tionghoa). Dan yah emang ricuh sih malemnya.
Ditambah lagi sama aksi 212 yang lebih menggemparkan karna jutaan orang tumpah ruah di jalan. Sayangnya aksi tersebut berjalan dengan damai, kasian kaum titik-titik, udah susah payah kumpulin massa, tapi tujuan utama gak tercapai.
Dan berlanjut dengan aksi bela rakyat oleh mahasiswa, lanjut lagi sama aksi laennya. Bosen gak sih? Gue sih bosen banget. Sampe kita tuh di kantor pas denger ada demo lagi udah super biasa, gak ada kekhawatiran sama sekali.
A : hari ini ada demo lagi ya?
B: denger-denger sih begitu.
A: demo apaan lagi sih?
B: biasa lah, protes ini itu.
A: oh…
Kemudian hening. Hahahahahah .. serius, kita bahkan udah gak peduli mau ada aksi apaan lagi, saking udah keseringan. Jadi basi banget. Dan gue cuma geleng-geleng kepala aja kalo denger ada demo gitu, macem gak ada kerjaan laen (atau emang gak punya kerjaan x ya). Gue sih ogah ya ikut-ikutan demo dari siang sampe malem. Panas, keringetan, bau ketek. Belom lagi muka kebakar matahari, astaga! Kulit gue bisa gosong, perawatan mahal cyn!
Udah gitu kan sekarang si R*I*Z*I*E*Q  lagi kena perkara tuh gegara omongannya yang gak pernah disekolahin. Mamam deh.
Jadi bisa dibilang aksi kaum titik-titik gagal total. Yay! Mari sama-sama angkat topi untuk Pak Tito dan jajarannya yang super, serta Pak Jokowi yang selalu cemerlang membekukan lawan.

KITA EMANG JAGONYA BIKIN MEME
Disaat keadaan lagi panas-panasnya, orang Indonesia selalu punya celah untuk bikin lelucon. Banyak banget meme yang tersebar di media social, dari yang nyindir garis keras sampe yang kocak bikin ngakak. Gue salut sama orang-orang yang bisaan aja bikin meme, bener-bener hiburan lho.
Nih salah satu contoh meme yang kemaren udah tersebar luas:
Asli gue ngakak banget pas pertama baca. Mungkin yang gak nonton debat resmi tanggal 13 Jan kemarin kurang ngerti x ya. berhubung gue nonton dari awal sampe akhir, terus nemu meme ini, spontan gue ngakak. Anjay! HAHAHAHA

PARA PEREMPUAN PERKASA
Kalo kata orang, cowok itu bakal jatuh karna 3 hal: harta, tahta, wanita. Tolong di bold, italic dan underline hal yang terakhir. Yap! WANITA. Akan jadi seperti apa seorang pria, bisa dibilang tergantung jatuhnya kepada wanita yang mana. Sampe di sini dulu setuju?
Banyak kan pria-pria sukses yang pada akhirnya terjerat masalah karna tergoda sama wanita ular. Tergoda ena-ena sama wanita hot sampe akhirnya kehidupannya hancur. Kalo dibilang banyak cowok brengsek, cewek pun demikian. Gue sih fair aja, emang jaman sekarang kenyataannya begitu kok.
Di saat banyak godaan maupun tekanan dari mana-mana, tetaplah jadi wanita yang santun, tangguh, tau posisinya ada di mana dan berpegang teguh kepada Tuhan. Dan gue ngeliat itu dari 2 wanita perkasa: Ibu Iriana dan Ibu Veronica.
Gue gak bisa banyak berkata-kata deh. Di saat para suami mereka di hina, di caci-maki, disumpahin mati, mereka gak lantas baper dan ngehina balik orang-orang yang ngehujat suami mereka. Mereka paham bahwa para suami memikul tanggung jawab serta resiko yang besar dan mereka tau diri untuk tidak banyak mencampuri pekerjaan para suami.
Tetapi mereka memposisikan diri menjadi wanita yang kuat demi keluarga dan tetap berada di samping untuk menunjukkan bahwa mereka selalu ada dan mendukung suami. :’) (ketika menulis bagian ini, gue trenyuh sendiri, jadi baper gaesss…)
Kalo diliat dari segi style, mereka gak macem bu-ibu pejabat yang sasakannya setinggi Monas. Mereka kalem, gak angkuh, gak perlu nunjukin : laki gue berkuasa lho! Tiati lo semua, macem-macem, bisa gue dorr! Mereka punya kerendahan hati dan kesederhanaan yang udah jarang dipunya oleh wanita lain.
Disaat gue merenungi ini, sepertinya gue harus meninggalkan motto lama gue: susah miskin yang penting sombong!  HAHAHAHAHA~ :|
Jadi wanita emang tantangannya besar ya, kudu bisa multitasking pula, kudu berkualitas luar dalem biar posisi gak tergeser sama yang laennya. #baper #galau
Gue jadi heran, ini tulisan kenapa berakhir galau deh. Hahahahahah.. yah, pokoknya tanggal 15 Feb nanti, pilihlah pemimpin yang benar-benar bisa membawa perubahan buat rakyatnya. Okay? :D


Dadaahh
*kibasponi*

9 comments:

  1. Ci tau gak gara2 ini aku di-unfriend loh x))) Gara2 nulis, "yg ikut demo 411 bisa dipastikan bego, miskin, dan pengangguran" wkakaka. Yaiyalah klo orang ada kerjaan pasti lebih milih kerjaan drpd demo, ntar dipotong gaji. Miskin? Wong dibayar nasi bungkus aja mao. Bego? Yah mungkin emang lg lelot kali. Ah sudahlah~

    Anyway setuju juga sama ibu2 non-baper macem istrinya Jokowi dan Ahok. Hats off!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha.. kamu korban di unfriend toh~ yah begitu lah Indonesia :D mudah2an rakyatnya semakin pinter ya, gak mau diiming2in nasi bungkus lagi^^

      Delete
  2. Setujuh banget nih teh Thea. Salam 2puluh jari untuk Indonesia hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko Edo juga jangan lupa coblos buat gubernur di sana ya :D

      Delete
  3. Aaakk, thanks for writing this beautiful article 🙂

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. ahhh emang sekarang lagi kekinian nya begitu lahhh the....salam 2 jari aje

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhhaha.. selamat mencoblos di bulan depan ci :D

      Delete