Thursday, July 7, 2016

TAA 1 - Semarang Oh Semarang


Hallo.. hallo~ masih dalam rangka libur lebaran, gue mau ngeshare satu lagi cerita biar liburan bete kalian jadi semangat gara-gara baca tulisan gue. (ya kali!) Edisi perdana Turis Ala-Ala (TAA) kali ini jatuh pada salah satu kota di Jawa Tengah. Yap, SEMARANG!
Yang belom tau apa itu TAA, melipir dulu ke sini ya 
Mari sedikit kita flashback.

Sekitar sebulan yang lalu, gue udah mumet banget sama kerjaan. Butuh piknik! Dan gue bilang lah di grup ngebolang gue. Secara dadakan kita mutusin buat ke Semarang dan lanjut ke Karimun Jawa. Aduh, awalnya gue kurang excited ya, gue kan paling gak suka panas-panasan. Apalagi kalau ke pulau gitu mataharinya kan terik banget, bakalan gosong kan gue (anaknya emang manja).
 
Tapi……dari yang gak excited, malah jadi yang paling semangat.
Barang bawaan yang belom semuanya dipacking. :))

Barang bawaan gue. Waktu gue share di grup semua udah pada berisik. Gila lo, bawa apaan aja? Kita cuma 4 hari bukan 2 minggu! Yah, namanya juga cewek ya, alat perangnya lebih banyak daripada cowok. #alibi
Oiya, personil TAA edisi perdana ini adalah gue, Dot, Mbot dan Arya. Nama-nama yang udah gak asing kan? Kecuali Arya, dia new comer di blog gue. Fyi, Arya ini temen sekolah gue.
Kebetulan Arya kerja di salah satu bank ternama dan nomor 1 yaitu B**, bukan B** apalagi B** (silahkan terka sendiri), udah 3 taun ini dipindahin ke cabang di Semarang. Dan sebagai lelaki jantan gagah perkasa, dia rela digerecokin sama cewek-cewek ribet (gue, Dot dan Mbot). Dengan sadisnya kita menjajah kamar kostan dia yang mengakibatkan dia kudu numpang tidur di kost temennya. HAHAHAHA.
Awalnya tuh begini:
Gue: Arya, tar kita numpang aja deh ditempat lo. Ya? ya? ya? kita kepengen rasain kostan mevvah.
Dan si Arya awalnya sih gak iklas ya, tapi karna kita maksa jadilah dia rela. Lol.
Nih penampakan kostan Arya.
Kalo kerja di bank ternama, kostan pun harus mevvah!
Teruss.. gue ama Dot tuh cuti dari hari kamis. Kita berangkat dengan penerbangan paling pagi. Sedangkan Arya dan Mbot gak bisa cuti di hari kamis. Jadilah gue ama Dot macem anak ilang. Beduaan di Semarang dan kita gak tau mau ngapain! OMG. Terus kita harus gimanaaaa..? kita mau ke manaaa?
MERASA KETIPU!
Gue sama Dot tuh clueless banget, baru kali ini kita pergi gak ada plan. Nanya si Arya, dia bilang paling mampir aja ke Kota Lama, ke Lawang Sewu. Tapi, kok gue gak tertarik ya. Mau kuliner juga bingung, gak bisa makan sambil jalan karna masih dalam masa puasa, gak enak juga.
Gue: Dot, ini kita seharian mau ke manaaa?
Dot: duh bun, gue clueless nih. Hahahah
Gue: jadi…. Kita trabas aja nih?
Dot: iya, trabas aja deh!
Jadilah kita bener-bener pergi tanpa ada plan. Jam setengah 5 pagi, gue jemput si Dot dan kita sama-sama ke airport. Singkatnya jam 8 kita tiba di Bandara Ahmad Yani. Kita baru pertama kali nih turun di sana. Yang kocak ada lah, kita sempet bengong pas turun dari pesawat, trus masuk-masuk langsung tempat bagasi. Ini airport mini amat! (saking sibuknya, gue sampe lupa fotoin kondisi airportnya, maap yak gaes)
Yang unik di sini adalah kalo mau naik taksi harus pergi ke loket dan beli tiket. Si Arya bilang, kalo dari airport ke kost dia paling bayar 50ribu. Nah, yaudah tuh gue antri buat beli tiket. Ternyata bener kita bayar 50ribu di loket itu, setelah sebelumnya kita kasih tau tujuan kita.
Kita udah ketawa aja karna ngerasa murah bener ini naek taksi. Tapi oh tapi, dari airport ke kost Arya Cuma 5 menit! Ya Tuhaaaann!! Kita merasa tertipuuuu :(
Pak Supir: Mbak-mbaknya saya turunin di sini ya.
Kita        : Hah?
Pak Supir: ini saya gak bisa masuk ke gangnya karna yang boleh masuk hanya yang tinggal di sana.
Kost Arya emang warbiasaaaa mevvah…! Private abess~
Akhirnya dari depan gang, kita tenteng koper, abis itu kita chat si Arya dan protes kalo naik taksinya mahal banget! Cuma 5 menit masa 50ribu! KZL!
DIGODA ABANG-ABANG
Aduh, ini juga nih. Abis taro barang-barang, rebahan bentar, gue ama Dot mutusin buat jalan kaki muterin daerah sekitar kost si Arya. Fyi, saat itu kita pake kaos dan celana pendek, gak ada yang gimana-gimana. Super biasa lah.
Baru keluar gang dan disepanjang jalan, semua orang manggil-manggil, nyapa-nyapa. Awalnya gue sapa balik karna gue pikir mungkin orang sana ramah-ramah. Tapi, kok lama-lama jadi nakutin ya. gue ama dot jadi parno sendiri. Usut punya usut, kata Arya orang sana gak biasa lewat cewek-cewek pake pakean minim. Yaowo! Malemnya kita langsung ngadu dan ngomel-ngomel ke Arya, kenapa gak ngasih tau apa yang boleh dan gak boleh. Seandainya kita pake celana panjang kan gak bakal digodain terus. T_T
BOBOK TJANTIK
Karna gak tahan digoda-godain sepanjang jalan, kita mutusin buat buru-buru balik ke kost Arya. Takut bok! Untungnya kita sempet beli makanan dan camilan, karna kita belom sempet sarapan. Kelar makan, kita tidur-tiduran dan beneran ketiduran dong! Mungkin juga karna kita malemnya kurang tidur.
Dan tau gak sih, saking pulesnya kita tidur, kita gak nyadar kalo kita tidur berjam-jam. Gue bangun-bangun liat jem dan langsung melongo.
Gue: dot, dot, bangunnn.. gile udah jam 2 nih!
Setelah ngumpulin nyawa, kita akhirnya mutusin buat cari makan. Dan untuk menghindari abang-abang, kita pesen Gojek. Untung banget ya Gojek udah sampe Semarang.
TOKO OEN

Ada yang tau dan udah pernah denger? Salah satu resto jadul yang jadi tujuan para turis. Yang kita datengin ini Toko Oen yang di Jl. Pemuda. Karna Toko Oen ini ada di beberapa tempat.
Eits, selagi nungguin makanan dateng, wefie dulu dongs!
Me and Dotski

Masih prima~ LOL

Apa aja yang dipesen, The?
Lunpia Khas Semarang – IDR 13K/pc
Ini favoritnya kita, enak bangeeet, rebungnya gak gitu bau, renyah, ebinya kerasa. Top deh!
Gado-Gado – IDR 30K
Katanya sih salah satu menu yang banyak dipesen tapi rasanya super biasa dan bumbu kacangnya kurang banyak. Dan gak pedes! Ini mayan dimaklumin, karna orang Semarang itu makanannya manis-manis.

Sop Buntut – IDR 55K
Yang ini juga rasanya agak mengecewakan. Apanya gitu deh yang kurang. Gak ntap, kurang gurih dan ada bagian-bagian yang alot jadi susah dimakan.
Sebenernya mau nyobain es krimnya (yang katanya wajib juga dicoba), tapi sayangnya kita udah kekenyangan. Daripada gak sanggup bangun dari kursi, mending kita pindah lokasi.
LAWANG SEWU
Kita tanya-tanya orang, dibilang yang terdekat dari Toko Oen itu Lawang Sewu. Yaudah, kita mutusin ke sana sambil jalan kaki. (yang pada malemnya kita diketawain si Arya karna jalan kaki segitu jauhnya dari Toko Oen ke Lawang Sewu. -__- 
 Jalanan Semarang yang lengang tanpa macet~
Walau jalannya lumayan jauh dan sering kali diliatin dan digodain abang-abang, kita pun cukup menikmati kota Semarang. Dengan bangunan-bangunan jadulnya seolah ngebawa kita ke jaman 80an.
Nyampe Lawang Sewu, kita udah lepek, keringetan, muka minyakan~
Untuk masuk ke sana kita dikenakan biaya 10K.
Dan kalau kita mau bener-bener tau sejarah Lawang Sewu, kita bisa sewa local guide yang akan nganterin kita keliling dan bercerita. Tapi, gue sama Dot mutusin untuk jalan sendiri aja karna kita pikir gak perlu lah.
So, here we go~~
Waktu makin sore dan rada gelap, kita udah rada-rada ngeri sih. Dan mutusin buat balik. Tapinya pas masuk lagi ke pelataran utama, kita liat lampu-lampu udah nyala dan bagus banget!
 

Nah, pas kita lagi sibuk foto, ada yang manggil kita. Panggil aja JurKam (Juru Kamera).
Jurkam: Mba, bisa gak pose kayak tadi lagi.
Kita: Hah?
Jurkam: Saya mau foto pas mbak-mbaknya lagi foto.
Kita: Buat apa ya mas?
Dan akhirnya berkenalan lah, nama si masnya itu Randry Tama, dia seorang juru kamera Pemkot Semarang. Dia lagi keliling buat foto-fotoin para turis gitu. Jadilah dia fotoin kita, terus gue add id line dia biar tar malem bisa ngirimin foto kita.

Ini nih yang difotoin sama Mas Randry. Thank you mas!^^
NASI KUCING
Abis dari Lawang Sewu, kita mutusin buat pesen Gojek dan balik ke kost Arya. Nyampe-nyampe kita dikabarin kalo nih anak lembur dan baru bisa balik jam 8 malem. Aihh, kita bener-bener terlantar deh.
Yang dodol adalah pas gue ama dot lagi tidur-tidur santai sambil maen hp, tau-tau si Arya masuk kamar. Anjir! Kita sempet kaget dan jadi ngomelin nih anak kenapa masuk gak pake ketok pintu dulu. Eh tapinya, kalo dipikir-pikir ini kan emang kamarnya dia ya! hahahaha
Pokoknya pas si Arya sampe, kita langsung ngeluarin uneg-uneg. Ya digodain abang-abanglah, ya harga taksi mahal lah, dll. Yang ngeselin si Arya baru bilang kalo tadi mah naik ojek aja keluar dari airport dan orang sana gak bisa liat cewek pake celana pendek. Akhirnya kita buru-buru ganti celana panjang. Bertigaan kita keluar perumahan buat nyobain nasi kucing deket kost Arya.
Nasi kucingnya biasa aja sih, lebih enak nasi kucing yang tiap malem mangkal di depan perumahan gue. Hahahaha.

Kita nyempetin beli roti bakar buat kita sarapan nanti subuh di jalan. Segede gitu harganya cuma 12K
SIMPANG LIMA
Jam 9 kurang, kita balik ke kost dan si Arya cust ke airport buat jemput si Mbot. Gak berapa lama, mereka bedua dateng dan komplit lah personil TAA. Yay!
Oya, untuk malam ini, kita ada tambahan personil. Sebut aja dia James alias Untung, temen 1 kost Arya. (Si Untung tinggal di Lt.2, sedangkan Arya di Lt.1 dan malam itu Arya numpang tidur di kamarnya si Untung)
Kita numpang di mobil Si Untung dan melajulah kita ke tempat makan yang patut dikunjungi. Yap, Simpang Lima. Arya bilang tiap malem di sini selalu rame sama orang. Nyatanya pas kita sampe, gue celingukan. Mana yang katanya rame? Orang sepi begini.
Tahu gimbal - 17K
Karna gue ama dot masih kenyang, kita cuma pesen tahu gimbal yang dimakan bertigaan sama Mbot. Entah ya, lidah gue kurang cocok sama masakan sana, abis semua manis-manis. Gue kan gak gitu suka manis (karna guenya udah terlalu manis. Pret!).  Terus, yang unik lagi di Semarang dan daerah sekitarnya itu kalo pesen teh / es teh pasti bakal dikasih gula. Jadi, harus pesennya teh  tawar / es teh tawar. Tapi, selama gue di sana gue selalu lupa untuk nambahin kata ‘tawar’ di tiap pesenan.
BALIK JADI BOCAH
Abis makan, kita mutusin buat jalan kaki ke alun-alun yang letaknya di sebrang Simpang Lima. Di situ ada pedagang mainan, gue gak tau namanya apa. Pokoknya mainannya kayak baling-baling, bisa nyala dan diterbangin sampe tinggi. Ini seru banget deh. Kita beli 2 buah terus gantian kita nyoba terbangin. Ternyata gak mudah lho. Berkali-kali kita gagal sampe ngakak-ngakak gitu.
Si Untung yang paling kocak sih, nih anak awalnya diem kalem-kalem gitu kan. Eh giliran ngomong, kita semua langsung ngakak.
Untung: kita harus mengukur sudut kemiringannya *ngomong dengan muka datar dan serius* *narik tali di baling-baling buat dilemparin ke atas* *pose udah mantap*
Kita ngeliatin dengan serius kan. Dia bisa nih nerbanginnya?
Hasilnya?
Tuh baling-baling malah nyangkut di tali dan lampunya mati! NGAKAK!
Kalo diinget-inget lagi, waktu itu kita ampe sesek napas karna kebanyakan ketawa. Malem itu bener-bener seru, walau cuma di alun-alun, main baling-baling tapi kita nikmatin banget. Hal kayak gini yang gak bisa ditemuin di Jakarta. Sejenak kita bisa ngelupain kerjaan kantor dan masalah lainnya. Gue ampe susah ungkapin, pokoknya penuh tawa dan happy banget! Bahagia itu sederhana ya. ^^
Perkenalkan, personil TAA malam ini. Dari kiri ke kanan: Dot, Thea, Arya, Mbot dan Untung. Maap juga fotonya burem, abis gelap banget! yang di pegang Dot ama Arya itu baling-baling yang kita mainin.
Bonus foto kaki abangnya. HAHAHA
Untuk melengkapi malam itu, Dot beli balon. Ntap! Udah macem bocah.
 Waktu kita ngelirik jam, tau-tau udah jam 11 lewat! Ya ampun, kita kan harus bangun jam 3 untuk melanjutkan perjalanan ke Jepara! Buru-buru kita balik ke mobil dan pulang.
KUNCI ILANG!
Sampe kost Arya, kita gak bisa langsung istirahat. Mbot rencananya mau bongkaran tasnya. Dan apa yang terjadi? Kunci gembok tasnya ilang dong! Jadilah kita sibuk nyariin dan hasilnya nihil! Gembongnya mau dirusak juga perlu tang dan kita gak punya. Nah lho, gimana tuh? Untungnya sih tipe tas si Mbot tuh ada celah dikit di deket pegangannya. Jadilah tuh anak ngorek-ngorek buat ngambil bajunya. Walau cape, kita sempet ngakak lagi ngeliat itu.
Kelar insiden kunci ilang, kita gantian mandi. Sekitar jam 1 kita baru mendarat ke ranjang. Cape. Banget. Tapi happy.
TOK… TOK…TOK!
TOK… TOK… TOK!
OI, BANGUUUUUN!
Baru tidur 2 jam, Arya udah ngegedor pintu nyuruh kita bangun dan siap-siap. Dengan setengah ngantuk, kita pun mandi, dandan, siap-siap. Jam 4 lewat, kita meninggalkan kost Arya menuju Jepara.
Mau ngapain ke Jepara? Ada apa di sana..?
Nantikan kelanjutan piknik kami yaaaaa~~

 Dadaahh
*kibasponi*

14 comments:

  1. Ah gw pengen tuh maen maenan kek gitu.. keknya seruh terbang2in nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru bangeeeet do! gue gak tau sih, di tempat laen udah ada maenan kayak gitu apa gak~~

      Delete
  2. Lumpia semarang fave bgt..nyam nyam..tapi emg tu kota agak garing sih..shrsnya maen ke pinggiran macam ke ambarawa atau ungaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktunya gak banyak soalnya var. next time deh ngebolang ke ambarawa. thanks infonya^^

      Delete
  3. Bahagia itu sederhana hahaha .. Btw Surabaya juga masih sepi kok (dibanding Jakarta).

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang kita suka nyari bahagia dari hal2 yang bikin ribet ya, sebenernya yang sederhana aja udah cukup. #eaaak
      tapi sby juga rada macet (inget kejadian muter2 cari tempat makan sampe 1,5jam plus ko Edo pake acara nyasar) hahaah

      Delete
  4. Gado2 30k sih mahal juga loh the...hahaha, tapi seru ya ke semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa ci mahal ya. Biasa gado2 paling ceban hahahaha

      Delete
  5. Lawang Sewunya waktu malem keren banget. Belum pernah kesana juga, jadi pingin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, makasi ya kunjungannya. iya Lawang Sewu bagus pas malem~

      Delete
  6. waaahhh.. aq juga abis dari semarang the, lebaran kemaren..
    tapi nggak seseru kamu sih.. hehe..

    nungguin cerita Karimun Jawanya nih..

    ReplyDelete
  7. Waaah ke semarang juga tohh.. iya nih cerita karjawnya soon yaaa, masi dicicil :D

    ReplyDelete
  8. seru banget ya ke semarang, tidak lupa juga mengunjungi lawang sewu dan kulineran disana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. walo sehari di semarang tapi seru dan berkesan :)

      Delete