Friday, June 12, 2015

Europe Trip - Day 7 & 8


Sebelumnya bisa baca bagian 1, 2 dan 3 ya.

ZURICH - SCHAFFHAUSEN
 
Hari ini kita meninggalkan hotel yang udah 2 malem kita tinggalin. Padahal makannya enak-enak. Entah di tempat lain bakal enak kayak di Swiss apa gak.

Hari ini kita menuju ke Schaffhausen yang mana mempunyai waterfall terbesar di Europe. Akankah sekeren Niagara Fall? Atau kayak waterfall lainnya?

Rhein Fall
 



Ini sih terlalu digembor-gemborin. Pas sampe sana gue langsung celingak-celinguk cari waterfallnya. Lah, ternyata? Ini mah sungai! Kagak megah or tinggi gitu. Gue malah suka sama bangunannya, dan ternyata itu resto. Keren ya~ Nilai plusnya Rhein Fall ini bersih banget trus banyak ikannya. Tapi, gak boleh dipancing.

 


Kita di Schaffhausen cuma bentaran, karna memang gak ada lagi yang bisa diliat. Dari sana kita cus ke:
 
 TITISEE
Bagusssss yaaaa~~~

Kalo kemaren kita udah kapok sama salju, di Titisee kita ketemu salju lagi dong. Ini juga diluar dugaan. Harusnya udah gak bersalju. Tapi pas kita ke sana malah ujan, berangin, bersalju. Dinginnya sampe bikin susah mikir. Hahahahha.. anginnya sih yang gak nahan. Tapi rumahnya cakep-cakep. Saking takjubnya sampe ke skip gak banyak foto -__-
 
Udah macem ninja, lagi ujan salju gitu.
 

 
 
Kita sih di sana (lagi-lagi) ke tempat belanja. Ih bosen ya belenjong melulu. Kali ini kita diajak ke tempat jualan jam Kukkuk. Jam khas daerah sana yang harganya kira-kira dari ribuan sampe puluhan ribu euro harga satu jam Kukkuk.


Beginilah penampakan jam Kukkuk~

Bosen liat-liat jam. Gue milih buat cari oleh-oleh. Souvenir dan coklat di Titisee harganya masih sesuai dompetlah. Lumayan ada yang dibawa pulang. Hehehe..
Ini daging kalo bisa dibawa pulang mah bakal dibeli, tapi ngeri ketahan di bandara gitu~ jadinya cuma bisa liatin ajaa..

Kelar belanja, perut yang udah kelaperan banget ngebawa gue untuk cari makan. Pencarian makan pun tak mudah, soalnya bahasa sana gue gak paham kan, menunya juga gak ngerti.
 

Tadinya mau makan di sini, untungnya menunya ditempel di papan deket pintu masuk jadi bisa liat-liat menunya. tapii... kagak ada menu dalam bahasa inggris! dari pada salah beli kan, mending pindah deh~
 
Kita muter-muter lagi dan akhirnya nemu satu resto yang ada menu dalam bahasa inggris.

 

Ceritanya kan lagi laper banget ya, jadi pesennya bar-bar gitu. Gue pesen paket 1/2 ekor ayam + chip. Pas dateng gue langsung bengong. Gilak! Ini mah bisa buat makan berdua. Trus temen-temen gue kan pada pesen makanan lain yang gak kalah guede porsinya. 
Ujung-ujungnya adalah, gue cuma makan sepotong (ayamnya kebagi dalam 2 poto gede), itu pun gak abis. Sepotong lainnya dimakan temen gue. Kentang gorengnya dimakan rame-rame dan tetep gak abiss.. Tapi kita puas sih soalnya enyakk.


Oya di resto ini ternyata lebih ke resto keluarga, tepatnya resto para manula. Bener dah, sepanjang mata memandang isinya kakek-kakek dan nenek-nenek gitu. Gak ada anak mudanya kecuali gue dan 2 temen gue. 
 
Black forest
foto dari sini
Tau dong kue black forest? Tapi tau gak asalnya dari mana?

TL gue cerita, Black Forest itu berasal dari Titisee ini. Jadi di sana ada hutan yang dulunya jadi sarang penyihir. Penduduk setempat tuh gak pada takut sama setan, tapi mereka takutnya sama nenek sihir yang tinggal di black forest. Suatu kali ada penduduk daerah sana yang bikin kue dan dibawa ke luar Titisee. Ternyata banyak orang yang suka sama kue itu. Orang dari Inggris nanya ini kue namanya apaan dan dijawablah kalo nih gue dari Black Forest. Saking enaknya, banyak yang ngembangin dan amat terkenal sampe ke seluruh penjuru dunia, orang-orang pun mengenalnya sebagai Black Forest Cake, kue yang berasal dari hutan hitam~~

Lucu ya, kue aja punya kisah yang panjang. Hehehe.. hari ini perjalanan pun selesai dan bus membawa kita ke hotel tempat bermalam di daerah Frankfurt.

Day 8
COLOGNE

Daerah pertama yang kita kunjungi hari itu adalah Cologne. Kedengeran seperti nama parfum ya? Yak! Di sini emang terkenal dengan parfumnya. Eu De Cologne.
 

 
Jadi ada 3 macem parfum, Eu De Parfum (EDP), Eu De Toilet (EDT) dan Eu De Cologne (EDC). Bedanya apa sih, The? Yang paling jelas adalah tingkat kepekatan. Jadi, masing-masing mempunyai daya tahan yang berbeda-beda. EDC punya kepekatan yang paling rendah sehingga dalam 2-3 jam wanginya akan hilang, EDP berada di tingkat kedua dengan daya tahan sekitar 4 jam. Dan EDP lah yang mempunyai wangi paling tahan lama. Sampe 6 jam lebih bok~

Di sana pun banyak toko-toko souvenir gitu dan kebanyakan toko tersebut melarang buat ambil gambar. Jadi ini gue diem-diem ambil fotonya. Hahahhaa

 

Ada 1 cologne (gak tau sih terkenal apa gak) yang selalu ada di setiap toko yang gue masukin. Packagingnya menarik mata ya. Apakah wanginya juga menarik untuk dicium? Jawabannya adalah...... ENGGAK! Buat orang-orang Tionghoa kayak gue gini pasti tau deh. Orang yang udah meninggal, pas malem kembang / tutup peti gitu biasa keluarga tuangin wewangian kan yang dikenal sebagai kemenyan. Nah, tuh parfum masa wanginya mirip kayak kemenyan. Kebayang gak lo pake tuh parfum, jadi bau mayat gaess~ 


CHATEDRAL
 
Trus di sini juga ada katedral, dari bangunannya looks creepy gitu ya. Ternyata dulu gereja ini sempet kebakar yang mana bikin bangunannya jadi gosong, cuma udah ada beberapa bagian yang direnovasi.
Gue suka banget sama patung-patung yang ada di pintu masuknya~
 
Ternyata ada pengemis jugaa
 
 
 Kita sempetin masuk ke dalem, tapi gak bisa banyak foto juga karna dalemnya gelap banget. Gue udah coba foto berkali-kali tapi hasilnya gak bagus. Trus gue gak demen pake flash juga kan, jadi yasudahlah.
Mending selfieeee~~ :))
 

INSIDEN KECOPETAN

Gue kalo inget-inget lagi jadi ikutan sedih deh :( kejadiannya itu pas kita lagi lunch. Gue dan temen-temen makan di salah satu resto yang jual kebab. Lagi asik-asik ngobrol, gue ngeliat ke arah sebrang, TL gue kayak bertingkah aneh gitu.

Gue: pak..pakk.. itu coba liat si Ko V deh, dia kenapa tuh? Acak-acak rambut, trus mukanya kesel banget. Coba pak diliatin.

Temen: (langsung keluar tempat makan)

Kemudian disusul gue dan temen-temen yang lainnya. Dan tau gak apa yang terjadi? Ternyata tasnya TL gue dicopet dongggg!!! OMG!

Gimana, The kejadiannya?
 
TL gue ini lagi lunch sendirian di McD, lagi asik-asik makan tau-tau ada orang yang jatohin banyak koin. Nih orang minta tolong si TL bantu liatin di kolong mejanya. Pas lagi nengok-nengok ke bawah itulah tasnya diambil sama rekan si copet.

Sadar tasnya ilang, TL gue ngejar orang yang tadi jatohin koin. Dia pengen minta seenggaknya passportnya yang balik. Pengejaran pun sampe ke tempat sepi yang mana TL gue sampe dapetin luka kecil dibagian pinggang. Si copet pun berhasil kabur. ngeri abis! Kalo di Indo mungkin udah ditusuk or apalah yang lebih parah. Trus TL gue balik lagi dong ya ke McD buat minta cctv dan lapor ke polisi setempat.

Gak lama dia di McD, temen segrup gue yang laennya nyaris dicopet. Jadi tasnya udah diambil, tapi beruntung kekejar dan dibantu sama penduduk setempat, si copet berhasil diringkus.

Passport, tiket pesawat, uang tip yang jumlahnya ribuan euro (pas banget hari itu dia kumpulin uang tip dari peserta tour) RAIB semua!! Kalo gue mungkin udah nangis guling-guling.
Detik-detik menegangkan waktu TL gue (yang pake jaket coklat tua di foto pertama) ngelapor ke polisi setempat. kita semua udah gak ada yang bisa ketawa. Semua dekepin tas masing-masing.


Gara-gara kejadian itu, sebus hening semua. Kita ampe gak tau gimana ngehiburnya. Yang bisa kita lakuin cuma kumpulin duit buat dikasih ke TL. 1 hari yang bener-bener dah. Italy yang rawan copet kita aman. Di Jerman malah kecopetan dan si TL pula yang kena :( dari situ tingkat keparnoan gue makin meningkat. Semua orang berasa mencurigakan gitu. Setiap saat selalu ready to war dah. Hahahahaha. 
 
Belanja lagi dan lagi....

Abis insiden kecopetan dan menimbulkan keheningan di bus, acara pun tetep lanjut. Sebenernya gak tega juga sih ya, tapi ya mau gimana? Dia harus tetep profesional, tetep harus bawa kita jalan-jalan.

Dari Cologne, kita menuju pinggiran kota yang banyak berhamburan factory outlet (ini juga additional, kalo mau ke sini kudu bayar 10euro lagi).

 Gue gak foto sama sekali, soalnya udah kebayang ya. FO FO gitu. Belanja lagi. Dan emang di sana murce-murce sih. Tapiiii dengan iman teguh gue berhasil nahan diri gak belanja sama sekali! Hahaha abis pikir-pikir masih banyak hari yang kudu dilewatin, lagian kemaren udah beli tas juga, jadi gue kudu anteng. Kudu gembokin dompet. So, karna gak mau belanja gue melipir ke tempat yg jual kentang goreng. Numpang wifi. Anjiirrr, kok ngenes begini sihh~~~

Amsterdam

Kelar pada belanja, bus pun melaju lagi meninggalkan Jerman yang penuh kisah tragis menuju negata kincir angin~ :D di Amsterdam ini kita nginepnya di Courtyard Marriot amsterdam Airport. Hotelnya baguss, cuma lokasinya seperti sebelum-sebelumnya selalu dipinggir kota. Temen-temen gue yang masih kelaperan keluar hotel buat cari minimarket terdekat. Sedangkan gue? Malem itu gue nikmatin popmie dibalik dekapan selimut :")

Dadahh
*kibasponi*

13 comments:

  1. wuih untung lu ga kenapa-napa yah, The? Syukur deh,

    Btw TL itu apa? Gue ga paham dari awal ampe akhir post, ampe baca dua kali ni. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, gue sih aman damai sentosa dari awal sampe akhir. dompet gue aja yang gak aman, duitnya raib di tempat2 belanja. hahhahha

      gue pernah info di part 1, TL = Tour Leader. hahaahah..

      Delete
  2. ada pengemis juga ya mba disana, kirain ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Sari, makasi kunjungannya^^

      iya ada, tapi yang serem itu pengemis-pengemis di roma gitu. waktu jalan kaki ke vatican banyak diikutin pengemis. serem dahh~~

      Delete
  3. Popmi kalau dibawa keluar negri bisa terasa lebih enak. Aneh deh hahaha ..

    Kasian banget bisa kecopetan. Emang eropa agak bahaya dengan copet sih. Jadi kalau bisa, tas selalu didekap mesra hahaha ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. popmie itu semacem obat kangen, hahaha..

      iyaa, walau gak ada gandengan tapi masih bisa mesra-mesraan ya sama... tas :")
      kok miris ya ko.. hahahhahahiks

      Delete
  4. Taman nya cakep banget.

    Itu yg di Red light kirain seru ternyata isinya tante tante bergelambir ya... Males in bgt Hahaha.

    Di Volendam gak foto pake kostum Belanda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ko Arman komen di postingan yang salah. hahaahaha..
      red light ada juga yg cakep2nya kayak cewek2 uzbek gitu, cuma ya kebanyakan udah oplasan yang mana jadi serem ngeliatnya.
      iya gak sempet, soalnya cuma ada 1 tempat dan rame banget, trus sempet ada insiden kecopetan pas di dalem studionya, lagi2 yang kecopetan dari temen segrup, untungnya copetnya ketangkep. hahaha

      Delete
  5. Taman nya cakep banget.

    Itu yg di Red light kirain seru ternyata isinya tante tante bergelambir ya... Males in bgt Hahaha.

    Di Volendam gak foto pake kostum Belanda ya?

    ReplyDelete
  6. Taman nya cakep banget.

    Itu yg di Red light kirain seru ternyata isinya tante tante bergelambir ya... Males in bgt Hahaha.

    Di Volendam gak foto pake kostum Belanda ya?

    ReplyDelete
  7. wahh serem banget ya bisa kecopetan seperti itu..

    ReplyDelete