Sunday, July 1, 2012

Pelantikan ke 26 Part. 2


 Halo-halo semuaaah..
Gue mau menyambung postingan sebelumnya. Bagi yang belom baca, bisa baca Pelantikan ke 26 Part.1 biar ngerti en paham. So, mari kita lanjutkannn…!

Cipelang

Jam stengah 6 subuh kan kita udah sampe di warung Cipelang, ketemu ama Bowie en Ci Indri. Dan karna pintu gerbang atas belom dibuka, kita nunggu dulu tuh sampe matahari terbit en gerbang dibuka. Jam 6 lewat kita mulei bersiap buat jalan ke gerbang, en lapor ke pos penjaga. Gue ama si Tissa yang udah lama dimanja dengan berbagai fasilitas jadi males jalan gitu, trus ngerayu2 si Calang buat naek mobil aja sampe pos. hahahaha.. lumayan loh jalannya, jadi mending naek mobil kan. Ci Indri ikut mobil kita, sedangkan bowie ngebawa motor.

Sampe di pos penjaga, kita laporan dan bayar biaya nginep sebesar Rp 15.000 / orang / malem. Mureeh yee, yaiyalah tidurnya di tanah gak dikasi fasilitas apa2. : )))
Mobil Calang dan Motor Bowie dititipin di pos penjaga. Nah dari situ kita mulai jalan menuju lokasi camp. Dan jalannya yaah….engap banget bok!! Para Senior tuh milih lokasinya jauh gituu, mana jalannya nanjak2 terus kan, gue sampe ngos2an, kaki sakit. Udah rentan banget dah gue. Hahahaha.


Setelah menit2 yang bikin kaki nyut2an, kita semua sampe dong…!! Dari kejauhan gue ngeliat para CALANG (Calon Anggota) lagi berkumpul gitu. Di bagian atas ada jejeran tenda dan di bagian bawah agak pojokan, berdiri bivouk2 tempat CALANG tidur.
Pelantikan kali ini cukup sepi dan kurang seru sih menurut gue. Padahal CALANGnya lumayan ada 9 orang yang terdiri dari 8 cowok dan 1 cewek.  Mereka kan udah di Cipelang dari Kamis, dan ternyata yah gak ada alumni cewek yang dateng! Otomatis cuma ada cewek 1 orang. Tangguh!

Seniornya sendiri cuma 3 orang! Gilaa yah, pada kemana kali ini para senior, minta dilantik ulang! Trus dari kamis- jumat malem cuma ada 1 alumni yang mana bertugas ngejagain mereka2, namanya Putra aka Putong yang seangkatan juga sama gue (angkatan 19). Dia ampe keteteran gitu. Jadi gak efektif sih itu waktu dari hari kamis, kegiatannya gak jelas, gak ada pembantaian. Kasian CALANG, gak bakal ada kesannya.

Untungnya kamis malem, rombongan gue en rombongan Ferdi dkk dateng. Rombongan Ferdi terdiri dari dia, Alfa, Keong, Gubel, Teguh. Mereka udah sampe dari jem 4 subuh hari saptu. Entah gimana caranya, mereka bisa ngelewatin gerbang yang masih ditutup. Trus gue denger dari Putong, pas mereka sampe, para CALANG langsung disuru bangun dan mulei sedikit pembantaian! Mantepp!!

Pembantaiannya sendiri gue gak bisa cerita banyak dan detail karna pelantikan ini sebenernya bersifat intern dan gak disebar luaskan. Cukup anak2 HIKADACITA aja yang tau. Intinya sih pembantaiannya itu menekan mental, menguji fisik, dsb, dimana nantinya akan menjadi bekal ke depan, agar kedepannya diharapkan kita semua menjadi orang2 yang tangguh, gak gampang nyerah, kalo jatuh bisa bangkit lagi, memupuk rasa kebersamaan dan tentunya mencintai alam dan lingkungan sekitar.  :’)

Show time…!
Berhubung udah gak punya banyak waktu untuk ngelantik, so mau gak mau nih para CALANG harus di kasih pelajaran dan pengalaman. Gue sendiri sih masi anteng, males ngapa2in, pengen tidur aja. Hahahah. Entah kenapa, nih otak gak bekerja, gak ada ide2 jail atau ngapain kek buat ‘ngabisin’ para CALANG. Jadi sementara gue cuma nontonin doang, pasang tampang acuh, dan cuek.
Ehem, para alumni mau narsis dulu nih! :DD
photo and edit by Dani

Jem 9an gitu Ferdi dkk mulei bangun dah tuh. Si Keong malah udah teriak2 pas masi dalem tenda. Berisik abis dah. Hahaha

Ferdi (baju biru) lagi ngasi wejangan sebelum CALANG jejak alam 
photo and edit by Dani

Lagi2 gue gak bisa terlalu tampilin foto2 pembantaian para CALANG. Jadi dibayangin aja yah kira2 kayak gimana. Hahahaa. Tapi jangan bayangin ini kayak OSPEK2 gitu, beda jauhhh banget. Kalo ada anak2 Pecinta Alam yang baca postingan ini, pasti paham dengan isi dari pelantikan :D 

Sekitar jam 10 pagi, ada acara “Jejak Alam”. Acaranya sih anak2 CALANG en senior pada cus menuju aer terjun. Alumni juga boleh ikutan. Nah kalo gue? Kaga dah makasi! Gue udah pernah sekali ke aer terjun Cipelang dan itu yah jauhnyaa naujubilehhh.. jalannya 1.5 jam-an, kalo jalannya lurus doang ya gampang yah, tapi ini nanjak terus, jalannya berbatu2, ada bagian2 yg curam, banyak pacet (lintah),.. jauh banget dah pokoknya. Jadi cukup sekali aja gue kesono, mending molor di tenda. Hakhakhakk.

Tapi tenang, ini ada foto jepretannya si dani kok.


Akhirnya gue ada waktu untuk beberapa jam tidur. Selagi anak2 CALANG jejak alam, gue numpang tidur di tendanya senior. Jem 1 siang, gue bangun tapi ternyata rombongan yg ke air terjun belom balik2 juga. Gue mulei bosen.  Hampa banget gak ada kegiatan. Laluu…muncullah sebuah ide : BIKIN KUBANGAN LUMPUR! Jadi itu kita menggemburkan tanah, trus dikasih air biar jadi berlumpur dan bisa dipake buat guling2an. Si keong pun semangat bener. Tapi bikin kubangan masih sebuah wacana, belom terlaksana, kita2 masih males beranjak dari tenda. Hahahah..

Romongan CALANG pun dateng juga. Mereka istirahat sambil masak buat makan siang mereka. Trus Si Keong ngajakin buat bikin kubangan lumpur itu, jadi langsung deh kita nyari lokasi yang cocok. Dibantu dengan beberapa alumni, kita buat kubangan itu. Mulai dari kayu, golok, pisau, dan alat lainnya kita pake buat gemburin tanah. Kalo ada cangkul pasti lebih gampang. Mana tanahnya itu berumput jadinya susah buat digali. Gue ampe keringetan dan  pinggang pegel kebanyakan jongkok. Awalnya semangat2, ujung2nya manggil CALANG juga buat bantuin bikin kubangan lumpur. HAHAHAHAH..


Sorean ujan turun dong! Gue langsung masuk ke tenda. Nontonin para CALANG yg ujan2an dalem tenda. Gue gak bawa payung sih, jadinya gak bisa berada dalam lokasi. Alumni2 dan senior2 cowok pun ikut ujan2an.  Ujan makin gede, udara makin dingin, tapi pembantaian makin memanas sodarah-sodarah!! Selagi gue nontonin para CALANG yang lagi beraktifitas dalam ujan, gue jadi flashback ke pelantikan gue hampir 7 tahun yang lalu. Dulu itu pelantikan berlangsung 3 hari. Slama 3 hari gak pake mandi, gak pake ganti baju, badan dari kering ke basah ke demek ke kering ke basah lagi! Dari yg ngerasain menggigil kedinginan sampe ngos2an karna puluhan set ( 1 set terdiri dari 10x situp, 10x push up, 10x pompa).  Dari yang ketakutan karna jurit malam harus sendirian di tengah hutan, sampe subuh2 diremdem di mata air. Dari yang nahan tangis sampe beneran nangis haru karna akhirnya resmi jadi anggota HIKADACITA. Gak nyangka aja dulu gue bisa sekuat itu. Sekarang? Gak perlu ditanya, udah melempem gue. Hahahah..

Pas malem ujan berenti. Gue pun kuar dari tenda, turun ke bawah nengokin para CALANG. Keadaan mereka yaah masih bisa dibilang sehat lah. Hahahaha. Mereka kuat. Gue salut! :’)
Keong, Ferdi, Gubel lagi ngasih test ‘study kasus’ gitu. Mereka ngasih banyak contoh kasus yang tentunya berhubungan sama alam, naik gunung, kebersamaan, dsb. Gue? Jongkok sambil nontonin.  Gak tau kenapa yah, gue gak ada niatan buat ngelakuin sesuatu, buat ngomong aja gue males pada saat itu. Jadi yah kebanyakan nontonin mereka2 aja.

jurit malam…
Jurit malam adalah acara wajib disetiap pelantikan. Sebelumnya, senior2 udah nentuin post-post untuk jurit. Ketika tengah malam, satu persatu dari CALANG harus melewati post2itu. Isi dari setiap postnya sih tergantung yang jaga yah, bisa berupa test fisik, test mental, test pengetahuan alam, test bertahan hidup, dsb. Gue gak ikutan.  Gue malah tidur di tenda, bareng ama si albert sepupunya Putong. Eitss, jangan mikir yg enggak2 yah, kita tidur di kantong tidur masing2. Si Albert ini tuh udah kayak adek gue deh, umurnya belom genap 17 tahun, lucu anaknya dan baik mau nemenin gue ditenda. Hahaha. Pelantikan kali ini gue gak ada kontribusinya sama sekali yah! Hahahah.. nanti deh gue ceritain alesan kenapa gue begini di akhir postingan ini. : )

Gue tidur tapi gak pules2 banget. Gue tau ada orang2 yang bolak balik kuar tenda, ada yg numpang tidur sebentar, ada yg ngobrol2 depan tenda. Gue denger semua, tapi mata masih gak mau melek. Menjelang subuh, dibawah berisik banget. Inih alumni2 laki pada ngebentak2, para CALANG ada yg teriak, ada yang nyanyiin Mars HIKADACITA, macem2 dah. Akhirnya jem stengah 6 gue bener2 bangun dan kuar tenda. Gilee yah dinginnyaa.. menggigil bok!! Gue ngeliat semua CALANG sedang berjuang. Berjuang menanggalkan mitela putih mereka dan akan tergantikan oleh Slyer HIKADACITA berwarna biru dan berbordir angka ‘26’. 

Angkatan 26…


Api unggun mulai dinyalakan. Semua CALANG yang basah dan menggigil kedinginan disuru mendekat kea pi unggun untuk menghangatkan badan. Semua alumni berkumpul di depan mereka. Saat itu kita semua meminta mereka semua untuk berjanji akan tetep eksis di HIKADACITA, menjaga alam dan lingkungan sekitar, mengharumkan nama sekolah, belajar yang bener dan kalo sampe ada yang gak naek kelas diminta untuk vakum dulu dan focus belajar. Saat2 yang menurut gue selalu mengharukan. Ketika tutup mata mereka dibuka, semua alumni langsung bertepuk tangan dan mengucapkan selamat. 
Yep SELAMAT YAH SEMUA, KALIAN BERHASIL MENJADI ANGGOTA HIKADACITA KE 26!!


Selesai juga acara pelantikan ke 26, semua senang! Terutama para CALANG yang sekarang udah jadi SEMUD  alias Senior Muda. Di tangan mereka lah nantinya HIKADACITA akan dibawa. Gue pribadi berharap kedepannya akan semakin maju, gak penting kuantitas. Lebih baik sedikit tapi kompak dan mau memajukan HIKADACITA dan melestarikan alam. :’)

oiya, pas tadi liat folder2 HIKADACITA, gue menemukan video ini. tahun 2009 waktu happy camp di cidahu. masa2 yang masih penuh ketawa-ketiwi :')

video


Semua telah berubah…
ini adalah akhir dari postingan ini. Well, semuanya telah berubah. Kenapa gue banyak diem dan hanya sebagai penonton? Kenapa gue gak ada ide buat meramaikan pelantikan? Kenapa gue gak ada mood buat ikutan nimbrung? Yep, karna semua telah berubah. Gue yang telah berubah.

1.5 tahun gak menyentuh alam udah membuat gue merasa asing. Gue jadi takut. Gue merasa gak nyaman. Gue melihat banyak hal menjadi aneh. Entahlah, gue sedih banget. Gue gak bisa menikmati alam seperti dulu. Gue kesel sama diri sendiri.  Gue yang biasanya cuek2 aja kalo kena pacet (lintah penghisap darah), sekarang jadi takut banget sampe2 selama disana gue gak mau mandi, kan kamar mandinya gelap, kalo pas mandi ditempelin lintah atau binatang2 lainnya gimana?! Selama di sana gue gak bener2 makan, makanan yang udah dimasak gak gue makan. Gue cuma makan biskuit2 gandum yg gue bawa. Semua nganggep en ngecengin gue karna gue lagi diet.  enggak sama skali! Gue ngerasa geli makan nyampur sama yang lainnya. Padahal gue tau makananya bersih dan enak2. Gue ngerasa gak nyambung lagi ngobrol sama mereka2. Gue males ngomong.  Gue kayak berubah 180 derajat. Saat gue menyadari keadaannya udah gak sama, gue pengen nangis. Kesannya lebay banget yah? Tapi untuk gue yang dari dulu menyukai alam dan kebersamaan ketika di gunung, perubahan ini seperti tamparan buat gue. Nyesek banget rasanya ketika lo gak bisa nyaman lagi berada di tempat yang dulu amat lo suka.

Masa2 yang dilalui bersama. Canda-tawa dan suka-duka yang ditanggung bersama. Puncak gunung yang tertaklukan. Serangkaian pelantikan. Perdebatan sengit dan kontra yang pernah terjadi. Nikmatnya air terjun yg menyejukkan. Semuanya. Semuanya akan tetap terpatri di hati gue, dan gak mungkin juga bisa gue lupain.

Kalo ditanya apa nantinya gue bakal balik lagi untuk dateng ke pelantikan selanjutnya atau untuk sekedar happy camp, gue gak tau. Mungkin. Entahlah.

Dan ijinkan gue menuliskan lirik dari Mars 2 HIKADACITA, sebagai bentuk gue tetap sayang walau sekarang udah berbeda.
   
Di alam luas terbentang
Terhampar hijau pegunungan
Melewati lereng dan bukit sekitarnya
Sejuk dan nyaman di udara terbuka
Alangkah indah yang diciptakan-NYA
Alam Indonesia… pelihara sebaik2nya
Sebagai anggota HIKADACITA
Terus memelihara keindahannya :’)

Dadahh
*kibas poni*

18 comments:

  1. seru amattt story nya..mpe panjaaaaang banget..hehehhee....
    berarti elu lagi galau tuhh thea....atau keturunan ksatria baja hitam : berubah!
    hihihihi...
    hmmm....atau yang terakhir mungkin karena faktor U.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.. cape yah ci bacanya..

      mungkin faktor umur + gaya hidup kali yahh.. HAHAHAH.
      emang bikin galau abiiss T_T

      Delete
  2. wahhh asyik banget tuh acaranya :))

    oya salam kenal, perdana disini..
    blognya cantik, secantik authornya :)) #gombal mode on

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih yah kunjungannya bang Dayat :D

      hahahhaha.. kunjungan pertama udh gombal! :))

      Delete
  3. waahhhh seru yaaa...
    itu itu aku pengen fto di deket air terjun :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyaak tempat yg ada air terjunnya kok Dea..
      air terjun dimana pun tuh selalu bagus yaaa :)

      Delete
    2. iya memang betul ..coba dateng juga ke sini air terjun nya namanya CURUG OROK ga kalah indah deh tempat nya bagus banget :D

      Delete
  4. saya Pikir ada hantunya dibalik air terjun itu.. ternayata salah.lm kenal bu Alethea

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha.. hantu mah ada dimana2 :)
      gimana caranya aja biar saling menghormati dan gak mengganggu..

      salam kenal juga, dan makasi kunjungannya :)

      Delete
  5. wih seru yah... dulu pas jaman SMA juga TK mau ikutan PA cuz dipikiran TK tuh yang namanya PA tuh lebih kaya ke observasi alam... tapi pas udah liat nyatanya malah ajang nyiksa menyiksa... gak ada alam-alamnya... dan kecewa juga liat banyak yang kemping malah ngotorin hutan dengan buang sampah sembarangan... yah semoga gak semua kaya gitu yah...

    Tapi kenapa yah pelantikannnya seberat itu? serem ih.. apalagi di hutan gitu kan.. jadi inget berita2 tentang hilangnya orang2 pas lagi acara pecinta alam... hiiiyyy

    tapi emang seru sih yah... dulu TK ngalamin yang namanya pelantikan itu pas jamannya ikut Paskibra... itu juga keras.. udah kaya latihan abri... padahal cuman buat baris berbaris...

    masalah semua berubah...

    Yah semua emang harus berubah... kita gak boleh diem di spot yang sama terus menerus.. cuz itu gak akan bikin kita lebih maju... berubah itu kan gak salah... jadi gak perlu deh sesedih itu... masa lalu biar jadi kenangan... sekarang mending fokus ke masa depan... cerita apa yang bakal kita tulis nanti... that's life ^^

    Nice story over all...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih panjang amaatt.. hahaha..
      setuju! emang banyak banget yg ngakunya pecinta alam tapi malah nyampah sembarangan! trus ada aja gitu yg norak goresin nama2nya di pohon.. PA bukan lagi Pecinta Alam tapi Perusak Alam jadinya.. -____-

      tapinya, klo aku, dan anak2 Hikadacita lainnya selalu bersih2 tiap kali kemping or hiking. sempet juga anak2 Hikadacita ikut jambore ngebersihin Gunung Gede dari sampah2.. :)

      hahah..kemaren itu mayan berat lah, tapi lebih berat pelantikan aku dulu.. parah dahh, tapi bener2 menempa mental dan fisik..

      ciehh anak paskib! hahaha.. seru dong, berasa dilatih militer :))

      iyahh, semua emang udah berubah..cuma yah sedih ajaa kalo inget dulu.. but life must go on sih.. semangat!! :)

      Delete
  6. Jadi kepengen ikut hikada cita :D

    ReplyDelete
  7. busettt seru amat cerita kaka senior thea!! wuakakakakaka..... jd inget pelantikan gw ni..... mungkin ga banyak yang tau, pulang pelantikan pas angkatan gw, gw dapet oleh2 mataikanan di telapak kaki g. gara2 tiga hari ga buka sepatu emek n de kumel nya g pas pelantikan. n sumpahhhh ngentek banget tu kaki gw. setaon baru bae lg..... hahahhaha.... parah y!!! tapi sangat berkesan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hakhakhakk.. iyee dulu seru abis yaa.. gue juga kaki sampe keriput gegara gak lepas sepatu 3 hari.. duh, kalo sekarang mah udah gak sanggup kotor2an gitu yak! LOL

      Delete
  8. hai ci :D keren abis postingannya!
    fyi, aku anggota 28 hikadacita hehe. salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo yelis^^ wah, angkatan baru yah.. selamat yah, sayang kemaren gak bisa ikutan pelantikan karna adik aku wisudaan.. titip salam buat angkatanmu ya :D

      Delete
  9. hai ci :D keren abis postingannya!
    fyi, aku anggota 28 hikadacita hehe. salam kenal^^

    ReplyDelete