Thursday, July 28, 2016

TAA 3 - EXPLORE KARIMUN JAWA (II)

Seri Turis Ala-Ala sebelumnya: satu, dua dan tiga.

JEDAAAAR!!
Suara petir yang menggelegar di pagi buta sempet ngebangunin gue. Ya ampun, ujannya gede amit. Gimana kalo gak berhenti selama seharian? Gimana kalo kita gak bisa snorkling lagi? Dan yang lebih gawat, besok kita bisa pulang gak dengan kondisi gini?? Baik gue mau pun personil TAA lainnya harus balik hari minggu, karna senin pekerjaan udah menanti dan gak bisa sampe gak masuk. Di pagi buta, gue udah harap-harap cemas.
Untungnya kecemasan gue gak berlanjut, karna paginya ujan udah berenti. Bahkan mataharinya terik pake banget! Cerah! Arya, Dot dan Mbot mah happy banget. Foto-foto bakalan bagus kalo kata mereka. Sedangkan gue? Gue sibuk nyemprotin sunblock ke seluruh badan. HAHAHA~~

Perjalanan ke tengah laut pun di mulaaaai…
Muka masih kinclok, mulus tanpa jerawat. Tapi, tau gak gaes, seminggu abis gue balik dari Karjaw, muka gue jerawatan! Ampe stress karna gak pernah jerawatan banyak. :(
Since 2004 and still counting~ :') #PertemananGila
Oiya sekalian gue kenalin temen baru, 3 orang di depan dari kiri ke kanan: Griselda, Herbert dan Miyako. Kalo gue? Gue yang di tengah, yang nutupin badan pake syal buat ngehindarin matahari. Bahahahahahah yaowo, ampe segitunya banget ya gue musuhan sama matahari. Jadinya ini pas di foto guenya gak kece amat. T___T
SNORKLING, LAGI.

Walau kemarin sudah bermain-main manja dengan para ikan, rasanya masih belum cukup. We want more! We want more! Dan lagi, kita udah gak ada takutnya lagi buat nyemplung, udah gak takut untuk gak bisa napas. Ternyata snorkling itu bikin ketagihan!

 Ada nimooooo~~
 
 Karangnya meriah yak, rame~
 
Ini muka kenapa jadi kayak nenek-nenek ya T.T
 
PULAU CILIK YANG BERKESAN
Abis snorkling, perahu kita menepi ke Pulau Cilik. Gak perlu jauh-jauh ke Lombok buat foto di ayunan, di Karimun Jawa jugak ada!
  
Cuaca yang tadinya cerah, mendadak mendung dan gak lama ujan gede pun turun. Otomatis kita langsung berteduh ke warung terdekat. Dan seperti biasa, kita akan memesan air jahe buat angetin badan. Air jahe tuh udah kayak penyelamat kita. Dalam sehari itu, gue dan beberapa temen segrup bisa ampe 3x pesen air jahe lho. Enak pake banget soalnya~
Kita di Pulau Cilik tuh ada kali 3 jam dan selagi nunggu ujan berenti, kita disuguhi makanan laut yang masih fresh banget!
Menggoda abissss kan? Ikan hasil tangkapan nelayan setempat langsung di panggang. Kita udah ngiler banget pas ngeliat jejeran ikan bakar ini. Dan rasanya emang enak gaes, sama sekali gak amis. Kita bertujuh tuh makan dengan bar-bar bahkan semua pada nambah nasi lho. Kalo udah makan gini, mendadak semua kalem, semua hening dan sibuk sama ikan bakar masing-masing. Kata-kata yang keluar dari mulut tuh cuma: Enak banget! Gila, sambelnya nagih! Gue mau nambah nasi!
Abis makan, kita lanjut foto-foto lagi~
Sumpah dah fotonya Dot paling gak nahan! Gue kalo liat ampe ngakak mulu.
 Para dugong berpose ala chibi~
 
Pulau Cilik ini salah satu tempat yang meninggalkan kesan buat kita, karna kita dapet foto-foto yang bagus juga makan siang yang susah terlupakan. :’)
NYEMPLUNG DI KOLAM HIU
Tujuan selanjutnya adalah ke penangkaran ikan hiu. Jangan banyain hiunya gede banget kayak di film-film ya. Ini hiunya imut-imut panjangnya sekitar 1 meter aja. Iya, 1 METER! Tapi, tetep aja bikin kita merinding disko dan saling tunjuk siapa yang mau duluan nyemplung.
Hiu-hiu di penangkaran ini bisa dibilang lebih jinak karna mereka dikasih makan dan gak berburu. Walau begitu, mereka bakalan agresif juga kalo misalnya kita ricuh di kolam. Jadi, ketika kita masuk ke kolam, harus bener-bener pelan dan tangan diangkat ke atas. Jangan sampe tangan masuk ke air, kita gak mau kan tau-tau jari kita kegigit.
Deg-degan tapi seru!
Abis nyemplung di kolam hiu, kita sempat ketahan gak bisa lanjutin perjalanan karna ujan badai! Semua pada menggigil, anginnya kenceng banget! Dan kita langsung nyari pertolongan pertama buat angetin badan : AIR JAHE! Hahahaha~~
DIVING di PULAU GOSONG
Ini yang kita tunggu nih! Kalo liat di instagram orang-orang, Pulau Gosong tuh bagussss. Sebenernya Pulau Gosong itu cuma sepetak pasir di tengah laut. Tapi, ini yang menarik. Kalo foto di situ berasa bener-bener terdampar di tengah laut gitu. Bakalan keren!
Pas sampe sana…
HAH?
MANA?
MANA PULAUNYAAAAA??
Gara-gara ujan badai, itu pulau tenggelem dong! T______T
Ini seharusnya pulau, tapi malah ketutupan air. Gue lupa sih ini kenapa eskpresi gue kayak ngehindarin sesuatu. Sebelnya kamera go pro yang dipake kena ujan, jadi gak jelas deh~
 
Masih di gosong, seperti biasa, kita snorkling lagi. Gak ada bosennya deh.
Airnya dangkal karna ini seharusnya pulau.
 
Ngasih makan para ikan unyu~
 
Ini juga gaya yang bikin gue ngakak sendiri. Kata Arya, gue ama dia udah kayak bocah yang lagi sibuk kerja ngambilin koin dari orang-orang yang ngelempar koin gitu.
 
Terus, salah satu orang kapal nawarin ngasih coba untuk diving! MAUKKK! MAUK BANGEEEET!
 
Gue bener-bener excited deh. Sempet mikir takut kelelep, tapi karna kepengen banget jadi diantepin aja. Gue penasaran apa rasanya napas pake tabung oksigen, nyelam sampe ke dasar laut.
Untuk diving ini, gak semua mau. Cuma gue sama Dot aja yang nyobain, sayang lho padahal. Yang pertama nyoba itu Dot, abis itu gue. Sebelum mulai, instrukturnya ngajarin kode-kode gitu. Pokoknya harus liat kode dari dia saat nyelam dan gue harus ngerti. Gue pun bisa pake kode-kode itu di dalam air buat tunjukin kondisi gue. Oya, karna gue newbie, jadi nyelamnya didampingin sama dia.
Setelah instruksi, gue diajarin cara napas pake oksigen. Ternyata susah juga, gue ampe harus narik napas dalem-dalem dan bikin bikin ngap-ngapan. Lah, ini aja belom mulai nyelem!
Awalnya masih dangkal, air cukup jernih.
 
 Makin ke dalem tuh makin gelap dan air lautnya berubah jadi hijau gini
 
 Ini kuping gue mulai sakit. jadi gue harus pencet idung, tahan napas, biar udara keluar dari kuping.
 
 Baru sebentar, instrukturnya ngajak naik ke permukaan lagi. yaaah~
 
Karna air laut semakin tinggi, kita mutusin untuk balik ke kapal dan pulang.
 
Walau kuping sempet sakit banget karna tekanan laut, tapi diving tuh seru banget! Gue bisa ngelawan rasa takut gue dan hasilnya? Gue bisa ngeliat kedalaman laut dengan ikan-ikan dan karang yang warbiasaaa. Kalo ada kesempatan diving lagi, gue gak bakalan nolak!
EAT & MEET, LAGI
Selama 2 malem di KarJaw tuh Eat & Meet udah otomatis jadi tempat kumpul kita bareng temen-temen baru. Rada gak iklas juga sih kenapa besok tuh udah pulang, padahal masih kepengen kumpul bareng sama yang lainnya. T_T
Fotonya gak maksimal nih, gegara suasana café yang emang gelap
Ki-Ka: Miyako, Herbert, Arya, Mbot, Dot, Thea, Griselda, Choky.
Ngobrol, makan, bercanda dan yang terpenting kita saling follow di social media, biar bisa terus keep contact. Masing-masing dari kita upload foto di instagram, yang kocak kita suruh saling like foto. Biar banyak likesnya aja gitu. LOL.
Ah, masih kepengen kumpul T_T
BUKIT LOVE
Pagi-pagi kita bangun, rencana mau ke bukit cinta #eaaaak, tapi apa daya malah ujan dong! Kita udah sempet sedih dah, masa gak ngapa-ngapain sih. Masa dari guest house langsung ke pelabuhan. Tapi, Tuhan emang baik, sekitar jam 9 pagi ujan berenti dan kita minta driver untuk anter kita bentar ke bukit cinta buat foto-foto.

 
Ini ya gue manjat ke sarang burungnya ampe gemeteran. Turunnya apa lagi. hahahah
 

Dari sana, kita langsung dianter ke pelabuhan untuk kembali ke Jepara. Dan kita sempet ketemu Herbert, Griselda dan Miyako lagi, kita nungguin kapal jalan sambil makan gorengan dan ngobrol-ngobrol.
Walau belom iklas, tapi kita emang udah harus ninggalin Karimun Jawa. Walau selama 3 hari ujan badai, tapi gue udah seneng banget bisa nyobain banyak hal baru dan bertemu orang-orang baru. Dan dengan demikian kisah gue sebagai Turis Ala-Ala di Karimun Jawa selesai. Dan sebenernya gue kepengen banget sih ngadain trip ke Jogja, malah udah mikirin judulnya segala lho! Udah tentuin mau ke mana aja. Tapi, balik lagi. Gue kan orang kantoran, gak bisa sesuka hati pergi. Dan lagi kudu kumpulin duit dulu nih! :D
PERINCIAN BIAYA
Ada beberapa yang request untuk gue share biaya gue selama di Semarang dan Karimun Jawa. Trus buat Ko Edo, aku gak sempet motoin guest housenya. Tapi, menurutku guest housenya oke, ada AC, bersih, kamar mandi di dalem dan bapak pemiliknya baik banget. ^^
Tiket PP Jkt-Smg-Jkt: 750K
Jajan, makan, gojek, beli oleh-oleh di Smg: ±600K
Sewa mobil Smg-Jepara-Smg: 150K/org
Paket tour Karjaw 3D2N950K
Tiket Penangkaran Hiu: 40K/org
Jajan di Karimun Jawa:150K
Total : 2.640K
-       Dari Jkt-Smg-Jkt kita naik pesawat Sriwijaya dan Batik Air. Karna kita beli tiketnya mepet, jadi rada mahal. Harusnya bisa dapet 600ribuan aja. Oiya, enaknya kalo pake Batik Air tuh dapet snack dan tiap kursi ada tv nya. Jadi gak bosen, bisa sambil nonton.
-        Paket tour 3D2N mencakup: PP kapal Express Bahari, makan 6x, guest house berAC, snorkling 3x, Trial Diving dan ke pulau-pulau terdeket (Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Pantai Tanjung Gelam, Pulau Cilik dan Pulau Gosong)
Buat yang pengen pesen paket tour, gue lampirin contactnya ya.

TIPS AND TRICK
-        Buat para ciwik nih, kalo di Semarang mending jangan pake baju yang minim. Karna bakalan ngerasa risih kalo diliatin dan dipanggil-panggil. Tapi, kalo cuek-cuek aja sih ya silahkan~
-        Mengenai oleh-oleh kalo budget ngepas, skip aja. Gak usah beli. Tapi, kalo ke Semarang, oleh- oleh yang wajib di beli: lunpia, winko dan bandeng. Pusat oleh-oleh yang terkenal dan kita datengin adalah Bandeng Juwana.
-        Di tempat Bandeng Juwana itu juga jual macem-macem, ada kue, keripik, winko, lunpia. Saran dari gue, beli bandeng dan keripik-keripik aja. Karna di depannya Bandeng Juwana tuh berjejer yang ngejual winko dan lunpia dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk winko dijual 1K/pc dengan pilihan rasa original (kelapa), duren, dll. Untuk lunpia berkisar di 9K-12k/pc, tergantung merek. Kalau kita mau bawa pulau lunpia buat oleh-oleh, beli lunpia basah jadi gorengnya di rumah. Dan bisa awet 1 minggu (masuk kulkas).
-        Ketika kita pergi ke mana pun dengan cuaca dan musim apa pun, jangan pernah lupa untuk pake pelembab dan sunblock. Gue gak akan pernah bosen ngingetin. Pokoknya jangan males untuk pake. Demi kebagian kulit kita. Jangan sampe pulang dari piknik kulit jadi kusam, kering dan bersisik.
-        Ini yang gue kepengen punya sih, gue kepengen beli kamera mirrorless biar bisa ngabadiin setiap moment dengan kualitas foto yang bagus. Bagi yang udah punya, jangan lupa kamera di bawa ya. Kalo gak punya, yaudah pake kamera hp deh. Banyakin foto biar kita punya kenangan dan nantinya bisa kita liat-liat lagi sambil mengingat perjalanan itu. :’)
Selesai juga ya cerita Turis Ala-Ala gue kali ini. Next mau ke mana, The? Doain dulu aja ya, masih ngumpulin duit dan cari-cari waktu yang tepat nih. :D

Ps: Gilak! Gak terasa tau-tau udah mau masuk bulan Agustus aja. Nooooo..... T.T

Dadaahh
*kibasponi*

15 comments:

  1. ihhhhh kepengen juga jadinya...foto sama hiu...hahaha. bagus juga ya the disana. pantainya putih. tapi yang pulaunya tenggelem itu mah kurang hoki dong yaa, ga bisa foto2 disitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. karjaw oke ci, termasuk piknik low budget lahh.. boleh tuh dimasukin ke list. :D

      Delete
  2. boleh juga ya ke karimun jawa.. kereeennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooo ke KarJaw #DutaKarimunJawa hahaha

      Delete
  3. Bagus bagus bagus .. Ihhh foto sama hiu hahaha .. membayangkan aja dah menakutkan. Tapi wajib deh rasanya kalo lihat foto2 karjaw. BTW ayunannya sudah masuk di air giimana cara main ayunannya hahaha #kelelep ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu karna lautnya lagi pasang ko, kalo gak mah ayunannya itu keliatan. hiunya tampak serem, tapi kalo udah masuk ke air sih lebih.... serem lagi! hahahaha

      Delete
  4. ah jadi kepengen main ayunan disana bareng seseorang tersayang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha.. ayok diajak orang kesayangannya ke sana :D

      Delete
  5. waaaah,,,, tripnya seru, foto2 nya keren abis, semoga admin selalu sehat n bisa ngetrip lg ajak aku, hihihihi, pissss

    ReplyDelete
    Replies
    1. hii.. amin, makasi yaa.. semoga trip KarJaw selalu laris yaa :D

      Delete
  6. asik banget snorkeling terus. emang bikin ketagihan banget yakk!! awalnya ngeri2 gimana tapi lama2 mah bikin pengen lagi ;p duh kapan ya ke karimun jawa... ga kesampean terus :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ci, seruuu bangettt~~ disempetin aja ci, gak perlu waktu lama kalo ke sana mah. 3 hari juga udah puas :D

      Delete
  7. airnya jernih ya dan pemandangan bawah lautnya keren..

    ReplyDelete