Sunday, February 10, 2013

Survive!


“ Thea, kamu perhatikan mereka. Lihat cara mereka bertahan dan berjuang setiap harinya. Bagaimana toko-toko kecil ini mendapatkan pembeli. Kalau kamu bisa bertahan untuk kerja di daerah Glodok, Ibu percaya dan yakin kamu akan mampu bekerja di tempat manapun! “ 
Obrolan kecil saat berjalan kaki dari Glodok ke Pancoran. Melewati puluhan toko.

Jadi, kantor baru gue itu berada di Glodok Plaza. Gue belom sempet jelasin ya kantor gue ini kantor apaan? Kantor baru gue ini adalah distributor alat-alat listrik buat perusahaan-perusahaan lain. Nah, satu Glodok ini pake alat-alatnya dari kantor gue.

Obrolan di atas itu antara gue ama ibu gue (mulei sekarang kalo gue bilang ‘ibu gue’, itu berarti direktur kantor ya bukan nyokap..hahahah). jadi kemaren gue nemenin dia buat cari lampion dkk buat sinciaan. Gak cuma bedua sih tapi ber5 sama anak kantor laennya.

Yang gue mau ceritain di sini bukan perjalanan gue ke pancoran. Tapi mau cerita tentang keapesan gue. Dari awal gue udah dapet halangan! Ada ajaa rintangan dan halangan gue kerja di sana. Bener2 harus survive dah kayak yang dibilang ibu gue!

So, mari gue ceritakan keapesan-keapesan gue dalam 3 hari…

Gue sebenernya baru kerja di kantor baru tgl 18 feb nanti. Cuma dari 6-8 feb kemaren gue dateng ke kantor buat belajar. Secara si Dewe kan mau resign tanggal 8. Jadi gue harus belajar dong sama dia, biar gak bego2 banget pas nanti beneran kerja~ so far, sedikit banyak gue udah paham sih sama kerjaan yang nanti gue tanganin.

HARI PERTAMA = KEBAKARAN!
Udah pada bosen kali yah kalo denger berita Glodok yang kebakaran, soalnya emang sering banget sih. Tapi, gue gak nyangka aja kalo gue bakal ngalamin dan ngeliat sendiri kebakaran di depan mata di hari pertama gue belajar di kantor! Baru aja sejam gue duduk dan mempelajari hal-hal dasar, tau2 satu kantor udah heboh gitu. Ternyata ruko seberang kantor kebakaran dong!! Kejadiannya sekitar pukul 10.30. kita langsung beresin dan kemasin dokumen2 penting karna kalo ada kejadian tak terduga, dokumen2 itu selamat.


Baru kali ini, dan semoga untuk terakhir kalinya, gue ngeliat kebakaran gede! Ya Tuhannnn…. Asep dimana2, orang2 pada panic, pemilik2 ruko yang terbakar banyak yang teriak pilu. Sedangkan gue juga gak bisa berbuat sesuatu dan hanya bisa nontonin bareng anak kantor laennya. Namanya kebakaran yah, cepet banget merembet ke ruko2 sebelah. Total kalo gak salah ada 11 ruko yang kebakar, itu juga api baru bisa dipadamkan sekitar jam 4 sore. Kantor gue sendiri aman. Dan kita-kita udah dipulangin dari jam 2 siang. Hari pertama ini belom banyak yang bisa gue pelajarin. Yaiyalah! Fokusnya ke kebakaran gituuu…

HARI KEDUA = DITINGGAL KERETA + NYASAR
Kantor gue ini deket banget sama stasiun kota. Jadi tinggal ngesot dikit udah sampe. Nah, rencananya gue mau coba naek kereta buat pulang ke rumah. Tapi sebelumnya gue udah janjian ama dot dan podeng buat ketemu di Duri biar bisa naek kereta bareng. (FYI, sekarang kereta udah rempong! Dulu dari Kota ke tangerang gak pake transit. Sekarang kudu transit dan ganti kereta sampe 2x).

Gue udah beli tiket kereta, eh si dot baru ngabarin dia mau ke GI dulu beli sepatu, katanya gue nyusul aja. Tapi karna kondisi gue lagi gak fit, lagi pilek parah dan rada meriang, gue putusin buat pulang aja.

Kereta dateng. Gue duduk. Kereta jalan. Baru lewatin satu stasiun, kereta berenti. Dapet info dari masinis, katanya jalur tanah abang – duri gak bisa dilewatin dulu gegara ada pemukiman kumuh yang kebakaran! Ya ampunnnn.. mana gue udah kebelet pipis banget. Gue tanya dong ke masinisnya, ini nunggu berapa lama. Dia bilang satu jam gak akan jalan. Yaudah gue putusin buat turun dan cari toilet. Dan gak ada toilet dong di stasiun itu!! Akhirnya gue jalan kaki ke bagian belakang sebuah mall (yang ternyata itu adalah WTC Mangdu).

Balik dari toilet, gue bengong. KERETANYA KEMANA?????

Gue ditinggalin sama kereta. Mas masinisnya PHPin gue. Katanya nunggu sejam! T___T

Karna lagi sakit juga, gue gak sanggup dah buat marah2in petugas stasiunnya. Saat itu gue rada panic sih, gak tau gimana caranya pulang!! Ini dimana?? Gue gak tau jalannnn T___T

Akhirnya gue balik ke WTC. Nanya orang-orang katanya naek busway aja. Okai, gue jalan kaki ke arah busway di halte Pademangan. Nyampe sana, plang petunjuk tujuannya gak ada yang arah harmoni. Adanya arah ancol sama kampong melayu. Lahh, gue musti ke mana?? Gue tanya petugas, katanya naek yang arah kampong melayu, nanti turun di matraman. Oke, gue ikutin arahannya.

Gue belom pernah ke daerah sana naek busway. Bener-bener buta jalan. Untungnya ada mba2 dan mas2 baik hati di dalam busway yang bantu arahin gue. Mereka kasi tau nanti dari matraman 2 baru nyebrang ke matraman satu trus cari busway yang arah duku atas.

Turun dari matraman, gue pindah busway yang arah duku atas. Sampe duku atas, gue naek taksi sampe slipi. Dari slipi gue naek patas ac 34 sampe tangerang dan dilanjutkan naek angkot. SAMPE RUMAH!

Gilaaa, udah terkapar banget loh gueee.. balik kantor dari jam 5 lewat. Tapi gara2 ditinggal kereta, gue harus ngebolang keliling Jakarta dan baru sampe rumah jam 10 malem! Tepar. Drop. Meriang. Komplit!!

HARI KETIGA = DOMPET KETINGGALAN
Gue ini anaknya emang ceroboh dan pelupa. Tapi, hal yang gak pernah lupa gue bawa itu dompet dan handphone. Tapi kemaren dompet gue ketinggalan di…… kantor!

Kemaren hari terakhir si dewe kerja. Seharian itu dia ngajarin gue hal2 yang lom sempet diajarin hari sebelumnya. Di kantor ini, gue kebagiannya laptop. Laptop turun temurun dari sebelum dewe, ke dewe dan akhirnya ke gue. Mouse yang dipake itu mouse hello kitty punya si dewe.

Jem 5. Kita udah siap2 pulang. Nah, nih anak (dewe) udah mau buru2 caw aja, sedangkan gue masi beresin meja plus masukin barang2 ke tas. Terus gue lihatlah kalo mouse hello kitty masi tergeletak di meja. Akhirnya gue buru-buru turun kebawah ngejar di dewe sekalian balik juga. Mouse gue kasih. Terus gue keluar kantor tanpa balik lagi ke atas.

Gue udah naek bus. Udah agak jauh dari kantor. Terus kondekturnya nagih duit. Gue buka tas dan panic!! Dompet gueeeeee…. T____T Gue mikir mau balik aja ke kantor. Tapi gak punya duit, terus macet dan curiga kantor juga udah tutup.  Dalam keadaan panic, mbak2 sebelah gue langsung nyodorin duit ke kondektur buat bayarin duit, terus nyodorin duit ke gue buat ongkos angkot. Gue speechless dan terharuuuuu… Semoga Tuhan memberkati mbak2 baik hati itu! Aminn

Dan tadi, gue bela-belain ke kantor buat ambil dompet gue.

Bener-bener yahhh. Dalam tiga hari kemaren, perjuangan banget gue. Emang dah buat memperoleh sesuatu yang besar harus melewati terjangan ujan, badai, ombak, karang! #deramah hahahah.. doakan semoga gue bisa bertahan!

Btw, besok udah sinciaaa.. yihaaa… gak terima juga sih gue, kenapa sincia hari minggu! Tapi yasudahlahhh mau diapain lagii..

Happy Chinese new year all!!!! *lempar-lemparin angpao*



Dadaahh
*kibas poni*

8 comments:

  1. yahh ampunnn....elu mah aya2 wae the...pake acara gak tau jalan dan ditinggalin kereta pula...hahahhaah.....untung masih nyampe rumah dengan selamat yahh
    aduhh kasian yahh itu yang kebakaran...mana mau sincia pula....hadohhh....bocuan lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha.. pengalaman ciii.. 3 hari adaaa aja kejadian mencekam :))

      iya kasian yang kebakaran :(

      Delete
  2. serem ya ngeliat kebakaran deket gitu. moga2 gak akan ngeliat kebakaran lagi ya...

    yang ditinggal kereta itu kurang ajar banget masinisnya!!!! X(

    yang ketinggalan dompet... aduh baik banget si mbak2 itu... selain ngebayarin pake ngasih duit buat angkot pula. ternyata emang jaman begini masih ada aja orang2 yang baik dan tulus ya.... :)

    happy chinese new year ya thea!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. serem banget ko! persis di depan mata kejadiannyaa..

      embeerrrr,, jadi rada trauma buat coba naek kereta lagi..hahaha

      iyaa ko, Puji Tuhan masi ada orang2 baik di sekeliling aku :D

      Delete
  3. iya serem yaa asep nya item banget :0

    ReplyDelete
  4. kasian ya yg kebakaran itu, ngebayanginnya miris banget... mau sinciaan malah kebakaran... moga2 itu yg terakhir deh...

    btw, kerjanya bukan ngedesign ya? banting setir nih ceritanya... hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, semoga yg terakhir kalinyaaa.. aminn..

      bahahahah,, emang dari lulus kuliah gue udah berencana buat pensiun dini, tapi baru kesampeannya sekarang :))

      Delete