Monday, June 27, 2016

S.I.T.Y 5 - Berburu Skin Care dan Jajanan Khas Korea (End)

Ya ampunn…. Gak berasa ini udah hari ke-4 dan terakhir kita menelusuri Korea. Hiks. Sedih deh, mau extend! Masi mau liburan di Koreaaa.. bisa diperpanjang sampe 2 minggu gak..?? T_T
 
Gue emang cuma 3 malem di Korea. Sebentar? Banget! Makanya belom puas sama sekali nih. Tapi, namanya juga gratisan ya. Jadi  tetep diterima dengan amat senang hati. Hahahaha..
 
Sebenernya juga, kisah jalan-jalan terakhir ini mau dibagi 2, tapi yaudah digabungin jadi satu aja sekalian puanjaaaang~ karna apa gaes? Karna gue udah ada list yang mau dishare di sini, jadi mending nih kisah jalan-jalan cepetan dirampungin deh!
 
Cerita sebelumnya bisa baca di sini: Part 1, Part 2, Part 3, Part 4
 
Hari terakhir ini sih mengunjungin tempat-tempat wajib dan gak boleh gak didatengin sama turis yang ikutan tour. Jadi tuh pemerintah Korea udah netapin tempat-tempat yang harus didatengin. Hebat ya, mereka ampe segitunya mau ngenalin Korea ke dunia. Coba ya di Indo juga diterapin, jadi tiap turis yang ikutan tour wajib ngedatengin monas, belanja di mangdu ama tanah abang. Ya gak? :p


Dan sebenernya nih kita gak tertarik sih, bahkan gak banyak foto. Tempat yang wajib didatengin tuh rumah ginseng (di sini gak bole foto sama sekali), ya ini biasa lah jualan gitu. Giliran gue tanya ternyata belinya pake dollar dan harganya belasan sampe puluhan juta! Emejing! Gue buru-buru kabur. Hahahah~
 
 
Terus tempat ke dua ngunjungin batu amethyst gitu, batunya Korea. Di sini malah lebih parah. Gue kagak masuk dan malah asik jajan-jajan di supermarket. Males ah ngeliatin batu~
 
Dan tempat wajib ketiga itu kita dateng ke Red Pine, ini jualan obat jugak. Kita masuk ke ruangan, training produk, trus jualan yang harganya juga fantastis. Wah, ini juga gue cuman dengerin bentaran abis itu kaburrr~
 
Oya, hari itu anginnya sih gak nyantei! Rambut udah semrawut plus kedinginan!
Jaiko dan Nobita
 
Kita siang sempet makan siang di rumah makan Thai gitu, gak sempet banyak foto ya mentemen, karna kita udah superrr kelaperan.
 
Makanan baru 1 yang keluar aja udah rebutan! Bahahahah. Trus nihh yaa, gue bener-bener dodol abis. Kelar makan, dengan santeinya gue cus duluan dan mampir lagi ke minimarket. Sedangkan beberapa anak kantor masih di sana.
Lagi milih-milih jajanan, anak kantor (AK) gue nyamperin.
AK          : The, saya liat ada yang jual HP murah banget.
Gue        : Oyaa? Di mananya Pak? Kok saya gak liat ada yang jualan HP ya.
AK          : ada, di belakang tadi. Saya sempet beli?
Gue        : widih! Mana? Mana? Liat dong. *kepo*
AK          : *ngerogoh sakunya* *nunjukin HP nya*
Gue       : *mikir* (kayaknya gue kenal nih HP) Pak, itu bukannya HP saya ya? *nanya dengan polosnya*
AK         : lu nih ya, kelar makan langsung asik pergi. Untung tadi saya ngecek meja makan lagi! *langsung diomelin* T_T
Gue       : Akhh,,, makasi Pakkkk.. duh, bapak penyelamat abis! Nanti saya traktir Banana Uyu!
Yap! Dengan dodolnya gue ninggalin HP gue di meja! Bayangin aja kalo sampe lenyap, nih cerita jalan-jalan gak bakalan ada! Etapi, sebenernya gue gak perlu khawatir banget sih, karna di Korea ini gak kayak di Europe. Di sini aman, CCTV di mana-mana. Orang kagak berani macem-macem. Kencing sembarangan aja kerekam dan langsung kena denda 150.000 won, alias 1,8jeti! Ntap!
 
 
DONGHWA DUTTY FREE
 
foto dari sini
 



Sorry lagi nih gaes, di sini gue kagak foto-foto sama sekali. Awalnya tuh gak antusias pas di drop di sini. Soalnya pas buka pintu, pemandangan tuh Hermes, Chanel, LV dan kawan-kawannya. Yaowoh, mana mampu. Abah, Emak, Ara, tolongin Teteh atuh, hasil jualan opak gak cukup buat beli barang-barang mevvah itu~ #TerKeluargaCemara.
Kita ber-6 males dan cuma ngider aja. Semuanya mahal. Tiap lantai kita naekin dan gak ada yang keluar duit (keliatan abis kisminnya). Sampe akhirnya kejadian di Dongdaemun terulang ketika kita mencapai lantai 4, tempatnya kosmetik semua.
Di lantai 4 itu yang paling rame, setiap stand dari brand kosmetik Korea dikerubutin orang. Kok rame amit sih? Dan pas gue kepo ikutan desek-desekan buat ngeliat harganya, langsung dah lupa diri! MURAH ABISSSSS! Ya Tuhan, akhirnya ada yang bisa dibeli jugaaaa~~ :’)
Gak perlu ditebak deh, ketauan banget gue dan para cewek laennya udah beringas abis! Yang dipikirin itu: MAU BELI SEMUANYAAAAA!
Kenapa bisa murah abis? Karna semua udah dipaket-paketin. Gak bisa tuh cuma beli Liptint 1pc, harus beli 3pcs. Terus kayak masker itu 1 paket ada yang isi 20 – 60pcs. Ada juga promo beli pembersih muka, beli 2 gratis 1. BB cream beli 4 gratis 2! Nah, gimana kagak kalap..?? tapi, tanpa disadari, malah jadi beli melebihi kebutuhan.
Bayangin aja, beli masker ₩55000, ya emang murah karna dapetnya 50pcs, tapi kan sebenernya dengan duit segitu lo bisa buat beli yang laennya juga. masker aja udah segitu, belum segala beli paket-paket perawatan laennya. Jadi membengkak? Banget!
Untungnya kita tersadar dari segala janji-janji surga gombalan lelaki penawaran murah itu. Gue, anak kantor dan sampe TL gue (namanya Pricil), kita sharing. Gue ama si Pricil dan TL grup sebelah yang namanya gue lupa, bertigaan kita beli masker muka yang isinya 60pcs terus kita bagi 3. Gue ama anak kantor juga gitu, kita beli bb cream trus dibagi deh. Dan beli-beli yang laennya juga kita sistemnya sharing. Jadi kan bisa beli lebih banyak dengan varian yang berbeda. Hoho~
Dari hasil perburuan kosmetik, gue lebih banyak beli produk perawatan ketimbang produk buat dandan. Karna kan kulit itu lebih baik dirawat bukan dikasih dempulan tebel. Biar kulit kita sehat, kinclong dan secantik cewek-cewek Korea. :p
Dan pantes aja ya, cewek-cewek Korea tuh kinclong-kinclong, cantik dan terawat, karna didukung sama paket-paket perawatan yang super terjangkau itu. Makanya mereka bisa beli banyak produk perawatan from head to toe. Kalo di Indo kan mahal~~
Gue sempet beli masker muka hewan yang lagi heitsss, di sana satunya cuma ₩2200 alias 27ribuan sedangkan pas masuk Indo harganya 60ribu! Mahal abis!
Tips dari gue: Belanja kosmetik dan produk perawatan udah paling murah di Donghwa Dutty Free. Serius, di tempat laen jauh lebih mahal, bahkan di Donghwa ini lebih murah daripada di Myeongdong lho. Dan, karna semua udah dipaket-paketin, belinya patungan ama yang laen ya~
DEOKSUGUNG PALACE
 
 
Abis kelar berburu paket kosmetik dan perawatan biar cantik ala cewek Korea, bus kita melaju ke bangunan kerajaan jaman dulu yang mana sekarang itu dijadiin objek wisata. Belom juga masuk ke tempatnya, kita malah udah melipir buat jajan!
 
 
Kue ikannya enak bangeettt! Yang nonton Kdrama or variety show Korea pasti gak asing sama nih kue. Sebenernya sih nama si kue ikan ini Bungeoppang,  kalian bisa nemuin di pinggir-pinggir jalan. Harganya super murah, 1000 dapet 3!
Si kue ikan ini paling enak dimakan pas panas-panas. Dalemnya itu kacang merah yang udah dihalusnya. Super enak deh!
 
Foto dari sini


Penampakan si jagung favorit, biasanya sebungkus isi 3 dijual seharga 2000
Selain nyobain kue ikan, kita juga sempet jajan jagung rebus. Selama di Korea, tiap hari kita pasti jajan jagung rebus soalnya rasanya beda dari yang di Indo. Dan rasanya juga enak bangettt. Bahkan waktu kita masuk ke Deoksugung, kita malah anteng duduk-duduk sambil makanin jagung rebus yang masih mengepul panas. Ntap!
Si temen udah curi start duluan buat duduk dan makan jagung

 

MYEONGDONG
 

Wah, ini nih tempat yang kita tunggu-tunggu! Kita mau lanjut belanja kosmetik dan jajan-jajan gitu. Asik!
Myeongdong ini salah satu kawasan wajib didatengin kalo ke Korea. Karna orang Korea aja betah banget lho jalan-jalan di sini, malah gue jarang ngeliat turis, kebanyakan orang Koreanya. Pas sampe tuh gue langsung bengong, anjay! Rame pisan.
Jalanannya nyaris gak keliatan karna semua orang tumpah ruah. Udah gitu kita ngeri kesasar, bahkan TL kita pun udah ngewanti-wanti untuk apalin jalan. Karna di Myeongdong tuh banyak gang-gang dan semuanya mirip-mirip. Bahkan banyak toko-toko kosmetik yang sama. Contohnya aja Skin Food. Gue muter-muterin Myeongdong dan ketemu beberapa outletnya. Nah, loh! Bingung kan?
Gue beberapa kali masuk toko, liat-liat dan niat belanja gue surut. Hahahahaha. Harganya lebih mahal dari Donghwa Dutty Free. Untung banget tadi siangnya gue udah cukup banyak belanja di sana. Akhirnya malah di Myeongdong gue gak belanja kosmetik maupun skin care.
So, jadi gimana, The?
Mendingan berburu makanan aja! Yihaaaa…

 

Oden yang dijual sama si ahjussi ini enaakkk, kuahnya juga ntap! harga oden pertusuknya cuma 1000. Gue gak sempet cobain kerang yang menggiurkan ini karna tergoda makanan laen. 
 
 
sate octopusnya sih rasanya xoxo lah, agak amis menurut gue. Sebungkus gitu harganya ₩5000
Salah satu favoritnya gue Dakganjgeong! rasanya ZUPERRR, 1 cup kecil ini dihargain ₩5000
 
Japjaenya menggoda abisss
 
Seger banget, karna gak dicampur aer. jeruk murni gituu
 

Ini juga enak. cake yang didalemnya ada telurnya. harganya murah (₩2000) dan ngenyangin karna agak manis. Enaknya kalo dimakan pas masih mengepul gitu. nyam~


Sumpah ya, itu sepanjang jalan, kanan-kiri-depan-belakang isinya tukang makanan semuaaa. Andai perut ini bisa menampung semuanya, bakal beli dah! Dan biar kita bisa nyobain lebih banyak makanan, lagi-lagi gue sharing sama beberapa anak kantor.
Kesampean juga nyobain Korean street food! Makanan Korea ini cocok lah sama lidah gue, enak-enak. Apalagi dakgangjeong (crispy sweet chicken) nya juara! Walaupun harganya mahal dengan porsi yang mini, tapi worth it lah.
Makin sore makin dinginnn
Sebenernya gue kepengen beli es krim yang tinggi gitu, es krim yang wajib di beli di Myeongdong, tapi apa daya ya. udah gak sanggup. Selain perut kekenyangan, kaki juga nyut-nyutan plus dinginnya parah! Gue dan anak kantor sampe duduk di depan toko gitu, ngelurusin kaki, istirahat. Udah loyo banget. Mak, mau balik ke hotel ajaaaaaa…..
*Bonus Cerita*
Pulang dari Myeongdong, beberapa temen kantor gue lanjut lagi ke Home Plus, itu tuh seperti supermarket gitu. Gue sebenernya mau ikutan, tapi kaki gue udah gak bisa diajak kompromi. Mana udah jam 10 malem, belom beres-beres, mandi, packing. Karna kita harus berangkat jam 4 subuh, kita dapet penerbangan paling pagi soalnya.
Akhirnya gue dan 2 anak kantor milih di hotel aja, makan trus beres-beres.
 Banana Uyu yang setiap hari diminum tanpa bosan. Asli, rasanya bikin nagih gaes. Gue sampe beli banyak banget buat bawa pulang. Harga satuannya sekitar 1300
Dinner terakhir.
Sedangkan jam 10 temen kantor lanjut pesen taksi dari hotel untuk lanjut ke Home Plus.
1 kata : NYESEL!
Sumpah ya, gue nyesel banget gak ikutan ke Home Plus. Hiks. Karna barang-barang di sana super muraaah, kalo mau beli segala macem snack, oleh-oleh, mie, bumbu dapur, dll tuh ke Home Plus dah. Karna waktu besok paginya, kita sempet mampir ke toko oleh-oleh gitu. Gue yang baru beli sedikit oleh-oleh, ya mau gak mau kudu beli di sana. Gak ada pilihan laen. Temen gue yang nemenin belanja itu bilang kalo harga-harga di Home Plus bisa setengah dari harga toko ini. NYESEK!
Ada juga gue kemarin itu beli snack di pinggir jalan, harganya sebungkus 5000, nah di toko oleh-oleh ini harganya 9000 alias cepeceng! Pret lah. Antara kesel sendiri tapi tetep dibeli juga. Alhasil efek dari beli oleh-oleh ini pengeluaran gue membengkak. T___T
Ah, yasudahlah. *pasrah*
BREAKFAST
 

Sebelum di drop di airport, kita sempetin buat sarapan dulu. Sarapan terakhir di Korea. avoritnya gue si lobak kuning ini. Gak tau kenapa kok rasanya enak, garing-garing renyah agak asem gitu. Enak banget dimakan sama udon. NTAP!
BYE KOREA
 See you when I see you again. :’)
Dengan demikian berakhirlah cerita gue selama di Korea. Doain taon depan gue ke sana lagi ya! mau ke Jeju Island plissss..
So, udah kelar nih, The?
BELOM! Sabar gaes, gue masih mau ceritaaaa..
SPRING, IS THAT YOU?
Seperti yang pernah gue bahas di beberapa post sebelumnya, judul besar kisah jalan-jalan ini dikasih nama Spring, Is That You?
Kenapa sih, The dikasih nama itu?
Sebenernya sih gara-gara beberapa tahun yang lalu gue kepengen banget bikin novel dengan judul: Autumn, Is That You? Tapi, ya cuman wacana aja sih. Kepengenan doang tapi gak bener-bener dipikirin mau nulis apa. Dan begitu gue dikabarin kalo gue bakal liburan ke Korea, judul novel itu tiba-tiba terpintas. Karna gue pergi ke Korea saat musim semi, jadi lah gue bikinnya Spring, Is That You?
Seenggaknya walau pun gak jadi bikin novel dengan nama itu, tapi jadinya tetep dipake juga kan buat postingan di blog. :D Entah kenapa gue suka aja sama judulnya. Tiap orang bisa menerka-nerka dan mengartikan sendiri. :’)
TIPS N TRICKS!
Seperti biasa gue akan bagi-bagi tips and tricks buat yang mau jalan-jalan ke Korea (ikut Tour atau pun ngebolang)
ORANG KOREA GAK BISA ENGLISH!
Nah, ini agak-agak bikin stress jugak. Kebanyakan dari mereka tuh gak ngerti dan bisa bahasa Inggris. Kalau pun bisa, itu yang bener-bener di tempat wisata para turis, ya bisa lah dikit-dikit. Jadi, kalo emang niat coba sebelum cus belajar percakapan dasar Korea. Contoh: eolmaeyo? (Berapa?), Pisoyo (mahal ih!), Kakajuseo (diskon dong) Ă  kalo mau belanja.
Atau kalo males sih, yaudah pake bahasa tarzan aja yah. Tunjuk-tunjuk, bayar. Selesai!
ORANG KOREA ITU SOPAN
Kalo ini udah umum banget ya, di sana tuh amat menghargai orang yang lebih tua. Dan mereka terbiasa untuk membungkukkan badan, mengambil barang dengan dua tangan dan mengucapkan makasih. Jadi, kita pun sebagai turis kudu tunjukin kalo kita juga sopan. Contohnya, gue selalu nyapa supir bus gue: Annyeonghaseo, Ahjussi! ^^ *bungkukin badan* *terus baru jalan ke tempat duduk*
DI KOREA JARANG TEMPAT SAMPAH
Ini yang gue salut, di sana tuh bersih bangett, jalanannya gak ada sampah, sungainya juga bersih. Yang gue bingung adalah, di sana jarang ada tong sampah! Nah lho! Di sini yang banyak tong sampah aja orang-orang masih buang sampah sembarangan. Di sana malah bisa bersih.
Tapi, jadi agak ribet sih. Contohnya waktu selesai makan jagung rebus, itu sampahnya gue pegangin terus karna sepanjang mata memandang gue gak liat tong sampah. Jadi, sebaiknya selalu bawa kantong plastik kecil buat keadaan darurat kita mau buang sampah tapi gak ada tong sampah. Dan plis jangan buang sampah sembarangan!
SIAPIN SUN CREAM / SUN BLOCK
Nah, ini juga penting nih. Mau itu musim dingin, semi, panas atau gugur, kita tetep kudu pake sunblock, minimal yang spf nya 30% lah. Oh, jangan lupa juga untuk pake moisturizing cream ya. biar kulit kita gak kering. Plus, lip balm dan hand cream. Pokoknya gak boleh males untuk menggunakannya. Okay?
PAKE SEPATU YANG NYAMAN
Karna gue mau foto gue tampak tinggi dan tegap, selama 4 hari di sana, gue selalu pake sepatu yang ada hak nya. NTAP BANGET! Tiap malem kaki gue nyut-nyutan cyn. Jadi… biar sedikit aman, pake sepatu kets atau flat shoes aja. Walau pun itu juga gak jamin kaki gak pegel ya, at least gak akan sepegel kalo kalian pake wedges shoes.
BELANJA
Kayak yang gue bilang di atas, belanja kosmetik dan skin care itu di Donghwa Dutty Free dan Belanja makanan maupun oleh-oleh itu di Home Plus. Untuk Home Plus sendiri mereka ada beberapa outlet. Jadi, coba aja cari yang terdekat dengan hotel. Trus, nih ya kalo ke sana naik taksi, udah pasti supir taksinya gak ngerti kalo kita mau ke tempat itu.
Jadi, minta bantuan receptionist di hotel buat nulisin tujuan kita. Dan jangan lupa minta kartu nama hotel kita, jadi kalo kita mau balik ke hotel, kita tinggal tunjukin kartu nama ke supir taksi. Abis itu duduk tenang sampe dianter ke tempat tujuan.
THANK YOU
Lagi-lagi buat ibu yang udah baik banget ngasih liburan ke Korea, buat tim kantor yang selalu kompak dan saling jaga selama di sana, buat TL kita Pricil si imut-imut yang udah bantuin urus ini-itu, buat local guide Denis yang banyak bercerita tentang Korea disepanjang perjalanan dan untuk Jacky juru kamera yang mengabadikan banyak momen selama di sana. Jinja gomawo~~ ^^
Nah, udah bener-bener selesai nih. Dan gue udah ada PR baru buat nulis kisah perjalanan gue yang ala Turis ke Semarang dan Karimun Jawa minggu lalu. Moga-moga bisa segera gue share~
Annyeong!
*kibas poni*

6 comments:

  1. Wahhhhh .. Emang Korea ga ada matinya ya The, (terutama untuk kita berdua hahaha ..). Tambahan tips, kalo kita ada sampah, dan ga menemukan tempat sampah, cari aja mini market, biasanya ada tempat sampah disana. Karena menemukan mini market lebih mudah daripada menemukan tong sampah hehehe ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk ke Korea lagi ko~~~ *nyari temen* heheheeh.
      iya bener! lebih gampang nemu mini market ketimbang tong sampah~ :D

      Delete
  2. Ciiii mengapa oh mengapa kau tidak share skincare apa aja yg lu beli? Siapa tau masih ada sisa, gua mau donk! Ahahaha. Ntar ganti ongkos JNE bisa ga :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahahahha.. lupa gak sempet difotoin hasil dari perburuan beli skin care. udah tinggal masker2 aja, soalnya banyak aku bagi-bagi juga. :D

      Delete
  3. korea destinasi wisata yang memang recomend banget ya, jadi pengen kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget, kudu lah at least sekali menginjakkan kaki di Korea :D

      Delete