Thursday, November 21, 2013

Boleh Kok Ditanyain :)

Postingan kali ini terinsiprasi dari salah satu postingan Bang Nuel. Waktu gue baca, nurani gue (ahsedap bahasa lo thee..nuraniii..!) tergelitik buat ngomentarin. Tapi bakal panjang kalo gue tulis di box komen, makanya mending sekalian gue bikin 1 postingan aja dah ya. Yang gue share di sini bakal bertolak belakang sama pemikiran nuel, dan gue gak ada maksud untuk menyalahkan / merendahkan / apapun itu, karna tiap orang kan punya cara pandangnya masing-masing dan kudu saling ngehargain, ya gak? So, bang Nuel salaman dulu dah biar kita gak slek. :D *sodorin tangan*
Emang apaan sih, the yang mau di bahas? Segitu sensitipnya kah?
Hmm.. menurut gue sih bukan hal yang negatip dan sensitip yah. Tapi memang ada banyak orang yang nganggep hal kayak gini gak patut dipertanyakan. Gue maklumin, karna lingkungan yang ngebentuk kita seperti itu. Jadilah sejak dini pola pikir kita udah dibentuk sedemikian rupa sehingga ada hal-hal yang sebenernya wajar tapi malah jadi sedikit tabu.
Oke, gue mau tanya deh ke kalian. Kalo kalian disodorkan pertanyaan ini :
  Lo orang mana sih? (baca: suku / ras)
  Agama lo apaan?
  Lo orang kaya apa miskin?
 
Bakalan tersinggung gak kalo ditanyaan kayak di atas (terutama point 1 dan 2, point 3 di skip dulu aja)? Kalo enggak, berarti kita setipe. Kalo tersinggung, gapapa. Mungkin aja apa yang bakal gue share dapet sedikit merubah cara pandang kalian J ehh tapinyaa kalo sampe segini aja kalian udah esmosi tingkat kabupaten, yaudah buruan close aje dah, soalnya omongan gue blak-blakan, yang hatinya gak kuat mending skip aja ya.. ok sip!
 
Gambar dari sini nih..
 
Mari kita bahas satu persatu..
Lo orang mana sih?
Gue sering banget ditanya yang beginian. Dan biasanya jawaban gue selalu sama yaitu : gue bingung sebenernya, soalnya gue blasteran gitu antara cina – jawa – Bangka. Intinya mah gue orang Indonesia. hahahhaa
Menurut gue pertanyaan kayak gini wajar aja sih ditanyain. Biar kita gak sotoy dan menerka-nerka. Mending ya kalo tebakan kita bener, nah kalo salah? Bisa-bisa orangnya malah beneran tersinggung.
Agama lo apaan?
Dengan sumringah akan gue jawab : Katolik.^^ gue bangga dengan keyakinan gue dan gue pun ngehargain keyakinan orang lain. Kadang gue liat ada orang yang malu-malu gitu nunjukin agamanya. Misalnya: di foodcourt, gue pernah liat bapak2 yang nengok kanan-kiri dulu trus dia ngumpet-ngumpet bikin tanda salib (ceritanya mau doa makan). Gue ampe bingung sendiri, kok kayak takut amat. Emang ada masalah sama agama lo? Enggak kan. Ngapain juga malu.
*****
Orang-orang sering banget bangett salah nebak kalo gue orang jawa tulen dikarenakan mata gue yang besar bulat sempurna, gak ada sipit-sipitnya sama sekali, gue pun gak bisa ngomong mandarin (taunya ‘wo ai ni’ doang..hahaha). Ditambah kulit gue yang coklat efek waktu kecil sering maen layangan sama sepedaan siang-siang. LOL.
Gue gak gitu musingin sih sebenernya, paling kalo emang perlu gue jelasin ya gue jelasin. Lagian mau apapun suku kita, tetep kok kita ini orang Indonesia. Gak perlu ngebeda-bedain ampe gimanaaa gitu.
Gue pribadi gak pernah beda-bedain orang, mau dia dari suku dan ras mana pun, cakep, jelek, tinggi, pendek, hitam, putih, kaya, miskin dan lain lain. Kalo nyambung, asik dan gak rese ya gue gak ada alesan buat musuhin kan? Dalam hal berteman gue gak mandang status social dan tetek bengek laennya. (kecuali dalam hal pasangan hidup, nah kalo ini kudu selektip dah. Kan bakalan idup sampe mati sama 1 orang doang~~ :p)
Mungkin cara pandang gue terbentuk dari keluarga yang memiliki beragam agama (Katolik, Protestant, Budha, Islam). Contohnya aja dari keluarga besar si nyokap, dulunya tuh semua agamanya Budha. Tapi yang namanya panggilan hati ya, jadilah semakin dewasa, mereka memilih keyakinan masing-masing. Nyokap gue dan 2 adiknya pindah ke Katolik, sedangkan 3 orang lagi pindah ke Protestan. Terus adeknya engkong gue memilih jadi umat muslim yang taat. Engkong sama Emak gue tetep Budha, tapi 3 tahun sebelum Emak meninggal dia memilih untuk menjadi Katolik dan Engkong minta didoain secara Protestant ketika menjelang detik-detik sisa hidupnya. :’)
Serunya, karna beragam ini, kita selalu ngerayain tiap hari besar agama masing-masing. Kalo lebaran, kita semua rame-rame ke rumah adek si engkong buat beramah tamah plus yang gak ketinggalan, nikmatin opor ayam + ketupat + rendang aduhh enakk banget lah pokoknya. Terus kalo kita rayain sinciaan, gantian mereka yang dateng. Pas natal pun begitu. Kita beda-beda keyakinan, bukan berarti kita saling hina dan merendahkan keyakinan yang lainnya kan?
Gue sendiri sampe sekarang gak paham sama orang-orang yang suka mengkotak-kotakkan diri. Nganggep mereka mayoritas dan orang lain kaum minoritas yang bisa ditindas dan dipandang sebelah mata. Hellowww…! Waktu sekolah pernah diajarin Bhineka Tunggal Ika gak sihh?? Tau isi dari Pancasila? Gak pernah diajarin apa udah lupa? Ngulang sekolah lagi ajah gih sana, biar paham, biar pikiran gak sekecil sendok teh. Oh satu lagi, tolong apa-apa tuh jangan diterima dan ditelen mentah-mentah, jangan mudah terprovokasi yang berakhir pada pertikaian GAK PENTING dan bawa-bawa SARA!
Hanya karna orang-orang yang punya kepentingan pribadi, banyak orang terprovokasi, perkara kecil jadi semakin melebar. Well, gak perlu gue ceritain kalian juga udah tau ya gimana seringnya kita nonton berita tentang suku ini berantem dengan suku itu, tentang kaum A yang mencekal pembangunan tempat ibadah, dll. Omaygatt!! Perlu digantung terbalik kayaknya orang-orang itu!
Kembali ke obrolan yang lebih ringan. Pernah denger pepatah :
 Malu bertanya sesat di jalan kan?
Pepatah itu berlaku juga dalam hal di atas.
Dari pada sotoy mending nanyain langsung. Jangan sampe kejadian kayak yang gue alamin. 2x gue dengan sotoynya menebak-nebak dan salah dong!
Kesotoyan pertama..
Kejadiannya pas gue masih jadi anak baru di kantor yang sekarang. Dengan semangat 45 gue kenalan dong ya sama semua orang. Ada salah satu staff lantai 1, cewek, umur 30 something, kulitnya putih, matanya sipit. Gue udah mikir ‘cina nih pasti cina.’ Dan dengan pedenya gue manggil dia : cici. Mau tau apa reaksi dia?
Dia : ah Thea. Jangan panggil aku cici dong, aku kan bukan Chinese. Aku jawa loh.
Gue : hah? *mangap* ohh aduhh maap maapp.. aku panggil Mba aja yaa..
Dia : nah gitu.
Kesotoyan kedua…
Kejadian waktu di tempat gym pas masa puasa kemaren. Jadi, di tempat gym gue akrab sama salah satu pengajar di sana. Orangnya baik, seru, hmm.. suka curhat jugak sih ke gue tiap kali ngobrol plus dia tipikal suami dan seorang ayah yang sayang banget loh sama keluarganyaaa. Gue ampe salut deh, trus sempet becandain dia : ah, tar kalo cari suami mau cari yang sifat2nya kayak om gini ah. Family man~~. Iya, gue panggil dia ‘om’ soalnya umurnya beda 20taun sama gue. Terus yaa, yang namanya tempat gym kan banyak godaanya, banyak tante2 centil yang gym dengan full make up dan belahan dada kemana-mana, tapi si om gak pernah goyah lohh.. gilee dahh. 2 thumbs up deh buat si om. Ehh kok jadi out of topic yaa.. yaudah lanjuttt…
 Awal-awalnya dia yang ngajakin ngobrol gue duluan. Oiya, dalam hal ini gak gue aja, tapi dia pun sotoy. Hahahahaha.. sedikit gambaran, si om ini kulitnya putih bangettt, agak-agak sipit. Gue udah mikir ‘cina nih pasti cina’. LOL. Tapi lagi-lagi salah..!
Om : *nyamperin gue yang lagi duduk-duduk* kamu gak puasa? *lirik botol minum gue*
Gue : hah? (kaget tiba-tiba ditanya) *geleng2* *bikin gerakan ngebentuk tanda salib*
Om : oh, kamu nasrani ya?
Gue: *ngangguk-ngangguk* emang gak keliatan? Aku katolik, Chinese, udah kerja juga. (kok macem ajang pencarian jodoh yaa.. hallo hallo saya Thea, saya Katolik, Chinese, cantik, menarik, sedang mencari pria mapan yang siap nikahi saya. LOL LOL)
Om : oya? Gak keliatan, abis mata kamu bulet gitu, belo. Trus kamu udah kerja? Aku kira masih kuliah.
Gue : ohh udah biasa itu mah, banyak orang salah sangka, banyak yang gak percaya juga kalo aku udah tuir. Hahaha.. (gantian nih gue yang mau interogasi). Kalo situ?
Om : kalo aku protestant. Blablablaa..
Dan obrolan-obrolan laennya, jadi tau umurnya makanya langsung dengan keputusan sepihak gue manggil dia ‘Om’! trus tau rumahnya, anak-anaknya yang lucu, istrinya, dll.. sampe akhirnya gue nanya..
Gue : om orang mana sih? Asli orang bogor? (dalem ati: cina bogor nih pasti cina bogor)
Om : aku orang manado asli. Orangtua ku dan saudara lainnya tinggal di sana.
Gue : hah? Hah? *heboh* om bukan Chinese?
Om : keliatan cina banget ya? Emang sering dibilang ngko2 gitu, apalagi kalo belanja di harco.
Gue : iya lohh.. ah masa sih? Abis om putih banget gini. Nih sama aku aja masih putihan om *julurin tangan* *nunjukin betapa gosongnya kulit gue*
*****
Karna bukan pertanyaannya yang sensitive dan tabu, tapi point pentingnya adalah bagaimana perlakuan kita ketika kita tau suku, ras ,agama dan  latarbelakangnya. Jangan ngerendahin, ngejelekin,ngeremehin dan mandang sebelah mata ketika kita udah tau. Itu yang paling penting.
Dan dengan banyaknya perbedaan itu, bukankah kita tetap orang Indonesia? ^^
*****
Masih inget gak sama point 3 yang tadi gue suruh skip dulu?
Lo orang kaya apa miskin?
Well, pertanyaan ini sih lebih kepada etika seseorang. Orang yang beretika dan menghargain orang lain gak akan pernah mempertanyakan hal tersebut. Toh tanpa nanya pun, kita udah bisa sedikit banyak menilai orang lain. Misal: dari gaya hidupnya, cara berpakaiannya, foto-foto di social media, dll.
Terus nih, misalnya ada yang nanyain hal itu ke lo gimana?
Gue pribadi, sampe saat ini gak pernah ditanya maupun menanyakan hal tersebut ke orang lain. Gak sopan. Dan seandainya ada yang nanya ke gue, bakalan gue tanya balik : kalo gue kaya, bahkan ngelebihin kekayaan lo gimana? Dan kalo gue emang orang miskin dan gak punya apa-apa, lo mau ngerendahin gue?
Untuk pertanyaan ini, gue setuju banget. Gak penting untuk dipertanyakan. Gak sopan, gak beretika dan orang bakal ngeliat lo sebagai orang angkuh dan sombong ketika mempertanyakannya, yang nilai orang dari seberapa kayanya orang itu.
Setiap orang, bagaimanapun keadaannya, punya hak yang sama untuk dihargai!
 do you want money to buy your value of life? Do you wanna let money dictating how you value and appreciate people? Some say “Many people are poor because the only thing they have is money” So when you think you’re poor or rich… think again! – Lita Rosalia
 
 
Dadahh
*kibasponi*
 
 

8 comments:

  1. itu ribetnya di indo ya. karena walaupun gak bermaksud SARA, tapi jatoh2nya jadi SARA juga. ya kayak panggilan itu. ada yang gak mau dipanggil ci kalo bukan chinese, ada yang gak mau dipanggil mbak kalo bukan jawa. lha emangnya kita kudu tau mereka orang mana ya sebelum manggil? repot banget ya. haha.

    gua sih mau dipanggil ko, mas, bang, pak, gak pernah masalah. :P

    mestinya kita ngikutin budaya barat ya tentang ini. kalo manggil ya manggil nama aja. mau lebih tua atau muda gak masalah. jadi gak ribet :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. iyaa emang gitu sih ko, gak ada maksud tapi kadang orang jadi salah sangka. apalagi kalo yang sensitip..

      mudah2an makin kesini orang-orang makin gak masalahin yang kayak gitu yaa

      Delete
  2. Setuju deh sama ci thea.... hehehehe....
    gw sih ga masalah ditanya2 begitu.. malah bakal gw jawab dengan semangat.. bakal gw jelasin kalo perlu.... Ini kan pertanyaan buat bahan obrolan menurut gw...
    tapi kitanya, sebelum tanya2, mending liat sikon dulu.. krn ga semua pola pikir org sama.... takutnya ada yg tersinggung.. trus kalo pun kita udah tanya trus orang itu tersinggung... cuek aja.. kita nanya nya asik2 aja kok.... Itu bukan pertanyaan rese kok... hehehe....
    Kalo soal kaya miskin, emang aneh sih itu kalo ada yang nanya.. tujuannya apa ga jelas... Tapi kalo pun gw ditanyain... gw ga masalah.. hehe.. bilang aja gw miskin... hehehe...

    btw, sorry pake anonym...
    gw Manado - Protestan - Pelaut Miskin... tebak siapa... hahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahhaa.. kalo lo gak nyebutin 'pelaut' gue pasti gak ngeh kalo ini lo do.. :p

      eimberr emang kudu liat-liat orang dulu.. dan emang bener kok sebenernya itu buat bahan obrolan sih ya, biar semakin mengenal aja.. haha

      Delete
  3. Ihhh setuju lah the....orang2 indo mah ribet banget....kalo poin 1 & 2 mah biasa sih, tapi kalo poin 3 mah belom pernah ngalamin sihh...biasa kita berteman kan bukan karena dia kaya/miskin, tapi karena cocok aja. Setau gua ( *yang suka sotoy ini...), poin 3 itu mah suka ditanyain sama anak2 SD temen2 si Miko tuhh...namanya aja anak2...hehehe, semakin gede mah gak pernah nemuin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya benerr! pertanyaan nomer 3, pertanyaan anak SD banget.. dulu jaman SD kan gitu ya, suka pada pamer2 gitu, nanya ortu kerja di mana, pake tanya gaji ortu berapa.. hahaha.. anak SD rata2 nanya gitu emang masi pada polos, nah tapi kalo udah berumur tapi masih nanya hal kayak gini sih patut dipertanyakan ya :D

      Delete
  4. gua sih klo ama yg lebih tua bbrp tahun panggilnya "Kak".. hehehe.. keknya chinese/non chinese ga keberatan deh dipanggil "kak" :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak! setujuuu.. gak usah pusing sih ya mo dipanggil apa, yang penting panggilan itu bukan untuk ngelecehin ^^

      Delete