Sunday, June 30, 2013

Summer Triangle dan VeAlDe

Kalo kata Shakespeare 'apalah arti sebuah nama', gue sih gak setuju banget yah. Karena menurut gue, setiap nama itu punya artinya sendiri. dan ketika mampir ke blog gue, pernah bertanya-tanya gak sih kenapa nama blognya itu ‘Summer3angle’? atau mungkin penasaran dengan arti dari ‘Summer3angle’?
 
Hm.. gak ada yang penasaran ya?
 
Ya pokoknya ada atau gak, gue tetep mau ceritain! Suka gak suka harus dibaca ampe abis nih postingan! HAHAHAHHA.. *dijitakin rame-rame*
Hampir 6 tahun yang lalu, gue menemukan nama ini (Sebenernya namanya Summer Triangle, tapi dulu ketika gue bikin blog ini, gue masih alay gitu dan jadilah gue singkat menjadi Summer3angle.. #sigh), gue menemukan si summer ini dari sebuah novel karangan Hara Hope. Gue masih inget, bulan januari 2007, waktu itu sekolah gue lagi ngadain acara tahunan (Thomas Day) isinya macem bazaar sama pertandingan olahraga antar SMA se-Tangerang dan sekolah gue jadi tuan rumahnya. Gue yang cuma jadi tim hore, lama-lama bosen nontonin lomba-lomba gitu, akhirnya melipirlah gue ke perpustakan.

" Saat kamu memandang langit di malam musim panas, pandanglah langit utara, temukan tiga bintang yang membentuk segitiga, lalu dengarkan kisahnya. Kamu akan menemukanku dan teman-temanku, juga Orpheus yang aku cintai "
Waktu itu ngakak juga gue, kan gue gak bilang-bilang tuh kalo gue mau ke perpustakaan, udah gitu handphone gue taro di tas yang gue tinggalin dalem kelas. Jadilah selama seharian semua nyariin gue, sedangkan gue sendiri lagi anteng di perpus. Aihh, jadi kangen banget ya sama masa-masa SMA :’)
 
Gue ini demen banget baca buku, terutama novel. Buat gue, perpustakaan itu kayak surga kecil dimana ribuan buku berjejer seakan menghipnotis gue buat minta dibaca. Dan bertemulah gue dengan novel Summer Triangle, novel yang bikin gue jatuh cinta dengan Yunani, dengan Mitologi Yunani Kuno, dengan kisah para bintang yang kompleks banget.
Emang udah takdir kali ya gue cinta sama mitologi Yunani kuno. Kenapa? Karna nama gue sendiri pun diambil dari bahasa Yunani. Alethea yang berarti Kebenaran. Dan waktu gue mau dibabtis secara Katolik, Romo gue yang tau kalo ‘Alethea’ itu diambil dari bahasa Yunani langsung kasih nama babtis ke gue yang juga diambil dari bahasa Yunani : Athanasia yang berarti Hidup Abadi. Seketika itu juga, ortu gue setuju dengan nama yang si Romo kasih.
Nah, baiklah, mari gue ceritakan tentang Summer Triangle si ‘Segitiga Musim Panas’ dan kisahnya yang menarik!
 
Summer Triangle [dalam ilmu perbintangan]
 
Kalo di luar sana (di Negara bule-bule situ), munculnya Summer Triangle dilangit utara merupakan tanda bahwa musim panas akan segera tiba. Beda sama di Indo yang musimnya udah random, kayaknya gak ada efeknya juga..


Summer Triangle ini adalah sebutan untuk tiga bintang terang yang membentuk segitiga. Ketiga bintang ini berada di rasi yang berbeda-beda. Bintang Vega dari rasi Lyra, Bintang Altair dari rasi Aquila, Bintang Deneb dari rasi Cygnus.
Vega sendiri adalah protobintang (calon bintang) utara. Nah, 12ribu tahun lagi poros bumi kita akan mengarah ke bintang Vega. Nantinya Vega akan menggantikan kedudukan Polaris sebagai bintang di langit utara. Kerennya lagi, ketiga bintang ini biasa digunakan sebagai petunjuk untuk menemukan rasi-rasi bintang lainnya di langit.  Deneb juga punya nama panggilan, biasa disebut Salib Utara. Di tengah-tengah segitiga itu terbentang galaxy Milk Way. Kalo di Indo sendiri namanya Galaksi Bima Sakti. Summer Triangle bisa dilihat di pagi hari selama musim semi dan di malam hari di musim gugur.
Summer Triangle [dalam Mitologi Yunani Kuno]
Di sini nih kisah ketiga bintang yang menarik dan bikin gue jatuh cinta, entah kenapa pas aja buat gue. Vega, Altair, Deneb adalah Sahabat. Vega si cerdas dan cemerlang yang merupakan bagian utama dalam rasi Lyra. Lyra sendiri adalah sebutan untuk harpa milik Orpheus, seorang musisi dalam mitologi kuno, diceritakan bahwa petikan harpa Orpheus dapat membuat kebahagian dan membuat setiap wanita jatuh cinta kepadanya. (Kisah Orpheus dan kekasihnya,Eridik tuh rumit banget, dan berakhir tragis. Mungkin dilain waktu akan gue ceritakan).
 
Sedangkan Deneb yang berada dalam rasi Cygnus digambarkan sebagai sesosok angsa yang cantik dan gemulai, pribadi yang manis dan perhatian terhadap sahabatnya. Deneb dengan tarian angsanya diceritakan dapat memikat para dewa-dewi. Diceritakan pula bahwa angsa adalah pahlawan bagi Orpheus.
Terakhir adalah Altair dari rasi Aquila. Altair digambarkan sebagai sosok elang yang kuat dan tangguh. Dia adalah guardian angle bagi kedua sahabatnya.
 
Vega, Altair, Deneb. Ketiga Sahabat yang kisahnya tak pernah habis. Menceritakan tentang, hidup, persahabatan dan cinta yang didalamnya penuh pengorbanan.
Itulah alasan gue memilih nama Summer Triangle untuk blog gue, karna apa yang gue certain disini ya gak jauh-jauh dari hidup, persahabatan dan percintaan. Buat gue pribadi, Summer Triangle punya makna yang dalem banget yang susah gue ungkapkan. Dari kisah mereka gue banyak belajar untuk menghadapi kehidupan.


Sekalian gue mau memperkenalkan blog baru gue. Namanya VeAlDe, merupakan singkatan dari Vega-Altair-Deneb. VeAlDe itu semacem a part of summer3angle gitu. Bedanya disini adalah dari gaya penulisan gue. Kalo di Summer3angle itu lebih menceritakan kehidupan pribadi gue dengan bahasa santai, berantakan yang kadang petakilan juga, di VeAlDe ini akan berbeda. VeAlDe adalah sisi mellow-dewasa yang gue alamin, orang-orang sekitar gue alamin atau bahkan cerita fiksi dan nantinya akan dibungkus dalam rangkaian kalimat sederhana yang (mudah-mudahan) dapat tertulis dengan jujur. VeAlDe lebih merupakan cerita fiksi, kumpulan quote yang terinspirasi dari kehidupan gue dan sekitar.  
Kenapa gue akhirnya memutuskan buat memisahkannya? Karna aneh aja gitu! Biasa ditiap postingan bahasa gue ngasal, berantakan, ceplas-ceplos, tapi dipostingan berikutnya tertata rapi dengan bahasa yang mengikuti EYD. Kan kesannya gak konsisten yaa.. jadi, gue buat blog ini untuk mencurahkan uneg-uneg, angan-angan, dan harapan. Dan kebetulan dari gue SMP, gue udah demen banget nulis, entah udah berapa cerita yang dibikin, dari jaman masih gue tulis di buku (sampe berbuku-buku banyaknya) dan saat ini di blog.
 
Hmm, yaudah gitu aja. Hahhahahah.. boleh atuh sesekali mampir ke blog baru gue,. Emang sih masih direnovasi di beberapa bagian, tapi mampirlah.. pliss.. haahahahaah..
Ps: yang berbaik hati mau follow blog baru gue, gue doain bakal berumur panjang! (iya, biar sering mampir ke blog gue..hahahah)

 

Dadaahh
*kibasponi*

8 comments:

  1. Nama lo keren...
    Sama kek nama ponakan gw..
    tapi dia Aletheia
    gw suka nama itu...
    salam kenal..
    gw dah mampir2 ke blog baru lo.. cuma lom baca2 cuma liat2 gambar.. hehe.. agak males baca yang baku2... tapi gw coba.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, makasi kunjungannya. kok bisa nemu blog gue sih?

      alethea dan aletheia punya arti yang sama sih :D

      hahaha,, gak perlu maksain diri baca blog baru gue. liat coretan gambar2 gue aja udah seneng loh gue^^

      Delete
    2. abis baca2 di blognya tomkuu...

      gw baca kok bbrp cerita lo.. karena pendek2 jadi ga bosenin...
      gambarnya juga pas..

      Delete
    3. oh kenal sama si teka juga yah..hahaha..

      wah makasi loh mau luangin waktu buat baca-baca. iya, sengaja pendek2, soalnya gue sendiri juga bisa bosen kalo baca tulisan baku yg kepanjangan..hakhakhakk

      Delete
  2. Ini dia nih novel yang bikin gua nangis... Keren banget lah pokoknya

    ReplyDelete
  3. Ini dia nih novel yang bikin gua nangis... Keren banget lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi^^ iya, endingnya nyesek yaa.. bukunya tipis tapi ngena bangett

      Delete